oleh

Cirebon Raya Berkonsep Metropolitan, Begini Master Plan-nya

CIREBON (CT) – Mimpi Kota dan Kabupaten Cirebon, Kuningan, Indramayu dan Majalengka untuk membentuk sinergitas kawasan menjadi Cirebon Raya yang berkonsep Metropolitan, sudah mulai digaungkan.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menunjuk Cirebon Raya menjadi kawasan Metropolitan bersama tiga wilayah lain, tentu menjadi semangat baru dalam pembangunan di Jawa Barat.

Selain Cirebon Raya, Pemprov Jawa Barat juga rencananya akan membentuk wilayah Bandung Raya sebagai kawasan metropolitan berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek), serta kawasan Depok, Bogor, Bekasi, Karawang dan Purwakarta (Debobekkarpur) menjadi kawasan metropolitan berbasis industri.

“Master plan-nya seperti itu, Jabar akan membentuk tiga kawasan metropolitan. Cirebon Raya sendiri akan menonjolkan kebudayaan sebagai acuan pembangunan kawasan metropolitan,” jelas Kabid Fisik dan Lingkungan, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cirebon, Arif Kurniawan, Rabu (03/02).

Untuk itu, lanjut Arif, Pemerintah Kota Cirebon juga akan menyambut baik visi tersebut dengan membentuk sistem pembangunan yang berbasis budaya, serta akan mengeksplorasi wisata budaya. (Wilda)

BACA JUGA:   Puluhan Pelajar Ikuti Lomba Cerdas Cermat Agama Islam di Unisa

Komentar

News Feed