oleh

Cegah Covid-19, Majalengka Launching Desa Tangguh Raharja

Citrust.id – Pemkab Majalengka bersama Polri dan TNI meresmikan Desa Tangguh Raharja di Desa Liangjulang, Kecamatan Kadipaten, Rabu (24/6).

Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso, mengatakan, berdasarkan perintah Kapolri, dibentuk kampung tangguh Nusantara yang disesuaikan dengan kearifan lokal. Kesepakatan bersama antara Forkopimda dan Bupati beberapa waktu lalu menghasilkan kesepakatan nama Desa Tangguh Raharja.

“Ada empat komponen dari Desa Tangguh, yaitu tangguh secara jasmani dan rohani sesuai protokol kesehatan. Tangguh secara sosial ekonomi yang dibuktikan dengan berbagai potensi yang dimiliki desa. Tangguh secara keamanan sebagaiman partisipasi siskamling yang dilaksanakan di tiap desa. Tangguh secara kreasi dan inovasi, yaitu kreativitas masyarakat untuk kemakmuran masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Majalengka Karna Sobahi, mengatakan, pembentukan Desa Tangguh Raharja merupakan gagasan yang brilian dan model local genus. Desa Tangguh merupakan kekuatan yang akan memberikan arah kepada masyarakat.

Desa Tangguh merupakan desa yang memiliki karakteristik untuk siap melaksanakan pencegahan virus Corona dengan cara menggerakan partisipasi dan gotong-royong masyarakat. Menjadikan sehat sebagai kekuatan utama. Membentuk Desa Tangguh Raharja dengan pilot project Desa Liangjulang paling tidak bisa diikuti oleh desa-desa lainnya di seluruh kecamatan.

Desa Tangguh akan memberikan dampak yang luar biasa untuk mengembalikan budaya gotong-royongnya. Desa Tangguh pada dasarnya membangun kegotongroyongan masyarakat dalam mencegah Covid-19.

“Khusus kepada Kapolres, karena ini merupakan gagasan Kapolri, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya. Gagasan ini akan memberikan sebuah tawaran menarik bagi masyarakat untuk tetap waspada dan antisipatif menjaga desanya,” pungkas Karna. (Abduh)

BACA JUGA:   Dilacak GPS, Penadah 35 Ton Kacang Kedelai Curian Tertangkap Polisi

Komentar

News Feed