BPJS Kesehatan-FKTP Kota Cirebon Siap Berikan Layanan Terbaik

Citrust.id – Dalam upaya memberikan layanan terbaik kepada peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Cirebon mengadakan pertemuan bersama seluruh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kota Cirebon, Kamis (21/1).

Dalam pertemuan itu dilakukan evaluasi terhadap pelayanan yang telah diberikan oleh FKTP kepada Peserta JKN-KIS selama tahun 2020. Hasil evaluasi sendiri telah disepakati oleh Dinas Kesehatan, TKMKB dan IDI Kota Cirebon sebelum dilakukan pembahasan ke FKTP terkait.

Pertemuan tersebut dilaksanakan secara tatap muka dan dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan penyebaran Covid-19. Ada beberapa rekomendasi yang disarankan oleh Dinas Kesehatan, TKMKB dan IDI Kota Cirebon. Rekomendasi itu seperti selalu mengoptimalkan kendali mutu kendali biaya, meningkatkan sarana dan prasarana di FKTP, optimalisasi Program Rujuk Balik, optimalisasi rujukan berjenjang, serta mengoptimalkan pelayanan kontak tidak langsung melalui Aplikasi Mobile JKN.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Ridha Mugiar, menjelaskan, FKTP sebagai fasilitas kesehatan menjalankan fungsi gatekeeper atau kontak pertama dari peserta JKN-KIS. Oleh karenanya menurut Ridha, FKTP memiliki peran yang sangat penting dalam pemberian pelayanan kesehatan, khususnya pada era Jaminan Kesehatan Nasional.

“Kami ucapkan terima kasih kepada FKTP yang sudah berkomitmen melayani peserta dengan baik. Kualitas pelayanan merupakan elemen penting dalam penyelenggaraan Program JKN–KIS. BPJS Kesehatan akan terus berupaya bersama FKTP menjaga kepuasan peserta dengan meningkatkan kualitas layanan terutama pada masa Pandemi seperti saat ini,” ujar Ridha.

Sementara itu, salah satu dokter praktek pribadi yang bermitra dengan BPJS Kesehatan, dr. Meyfi, menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan. Ia mendukung penuh kegiatan evaluasi itu agar dapat dilakukan terjadwal secara rutin setiap beberapa bulan sekali, agar setiap FKTP dapat semakin memberikan layanan yang terbaik kepada pasien.

BACA JUGA:  Ribuan Peserta Antusias Ikuti Senam Sehat bersama SWH

“Kami sangat menyambut baik pertemuan yang rutin dilaksanakan bersama BPJS Kesehatan ini. Selain mengetahui bagaimana pelayanan di FKTP daerah lainnya, kami juga bisa mengevaluasi pelayanan kesehatan yang telah kami berikan,” ucap dr. Meyfi Yunani. (Haris)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *