oleh

BPBD: Waspada, Hujan Tahun ini Bakal Lebih Besar Dibanding Tahun Lalu

Citrust.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cirebon mulai meyiagakan potensi bencana yang mungkin akan terjadi pada musim hujan tahun ini.

Kepala BPBD Kota Cirebon, Khaerul Bahtiar mengatakan, berdasar pada prediksi BMKG Kertajati, pada 2021 ini Kota Cirebon akan mengalami curah hujan yang lebih besar dibanding tahun sebelumnya.

“Masyarakat harus tahu, diprediksi curah hujan tahun ini akan lebih besar dari tahun lalu,” ujarnya, di halaman Balaikota Cirebon, Selasa (21/9/2021) pagi.

Khaerul juga menyinggung terkait istilah banjir. Ia menilai bahwa yang terjadi di Kota Cirebon bukan disebut banjir, karena air yang menggenang tidak lebih 24 jam.

“Saya tidak sepakat kalau disebut banjir. Karena kalau banjir itu lama air bisa lebih 24 jam. Sedangkan di Kota Cirebon hanya 3-4 jam sudah tuntas,” ungkapnya.

Selain genangan air, Kaherul juga memprediksi adanya angin kumbang selama musim hujan. Oleh sebab itu, ia meminta masyarakat untuk berhati-hati.

“Prediksi lagi ada angin kumbang yang menyebabkan pohon tumbang. Ini juga perlu diantisipasi. Diimbau warga tetap waspada saat hujan dan melintas di pepohonan tinggi,” kata dia.

Sedangkan longsor, lanjut Khaerul, hanya ada satu titik di Kota Cirebon, yakni di Kelurahan Argasunya. “Ini juga bisa terjadi saat curah hujan tinggi,” jelas dia.

Sebagai antisipasi bencana ini, BPBD Kota Cirebon sudah berkoordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Cirebon. Baik perihal personil maupun pembagian tugas. (Aming)

Komentar

News Feed