oleh

BPBD Kota Cirebon Beri Bantuan Kepada Korban Banjir Rob

Citrust.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cirebon memberikan bantuan kepada sejumlah warga yang terdampak banjir rob, Selasa (24/5/2022) sore.

Banjir rob yang terjadi di Kelurahan Kasepuhan Kecamatan Lemahwungkuk tersebut, menimpa tiga RW.

Kepala BPBD Kota Cirebon, Khaerul Bahtiar, S.T., mengatakan, pemberian bantuan ini salah satu tugas BPBD dalam penanggulangan bencana. Selain itu sebagai wujud kepedulian dari pemerintah daerah.

“Kita prihatin dengan apa yang terjadi. Makanya kami berikan bantuan. Meski tidak banyak, tapi ini wujud kepedulian,” jelasnya.

Bantuan yang diberikan itu, berupa alat kebersihan, makanan bergizi, mie instan, lauk pauk, dan sabun cuci tangan ini diberikan kepada warga terdampak, utamanya kepada warga jompo.

“Kita memiliki stok untuk antisipasi jika ada bencana lagi yang menimpa warga. Perihal tugas pencegahan banjir, sudah ada dinas teknis yang memiliki kewenangan,” ujarnya.

Khaerul menjelaskan, banjir rob yang kerap terjadi setiap tahun ini memang tidak mudah diprediksi waktunya. Berbeda dengan banjir yang terjadi di tengah kota.

“Kalau di tengah kota, biasanya terjadi karena saluran yang memiliki sedimentasi tinggi. Sedangkan banjir rob, bisa terjadi kapan saja,” kata Khaerul.

Sementara itu, Lurah Kasepuhan, Denny Rochman mengatakan, banjir rob ini merupakan fenomena alam yang memang terjadi setiap tahun.

Peran kelurahan, kata Denny, melakukan koordinasi cepat dengan berbagai pihak, baik dengan BPBD dan Dinas Sosial untuk memberikan bantuan kepada warga terdampak.

“Kami juga melakukan koordinasi dengan seluruh ketua RW untuk terus memantau kondisi laut. Hal ini untuk mencegah agar saat terjadi rob tidak ada korban jiwa,” katanya. (Aming)

Komentar