oleh

Bea Cukai Permudah Industri Kecil Menengah untuk Ekspor

Citrust.id – Bea Cukai Cirebon melepas ekspor perdana CV Flamingo Rotan, Tegalwangi, Kabupaten Cirebon. Puluhan ribu produk atau barang jadi rotan akan diekspor ke Jerman. Setelah itu, Argentina menjadi negara tujuan ekspor berikutnya.

Sebelumnya, CV Flamingo rutin melakukan ekspor, tetapi menggunakan nama eksportir lain atau undername. Berkat fasilitas yang diberikan Bea Cukai melalui program Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) Industri Kecil Menengah (IKM), perusahaan itu kini bisa ekspor dengan nama sendiri.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Jawa Barat, Saifullah Nasution, menjelaskan, kegiatan itu sejalan dengan program pemerintah, yakni pemulihan ekonomi nasional pada masa pandemi.

“Ekonomi Indonesia harus didorong melalui investasi dan ekspor. Untuk itu, kami membantu perusahaan yang ada di daerah untuk ekspor. Dengan melakukan ekspor, uang akan masuk untuk memutar roda perekonomian,” ujarnya, Kamis (1/4).

Dikatakan Saifullah, program KITE IKM memberikan kemudahan bagi para pelaku industri kecil menengah. Kemudahan yang diberikan antara lain bebas bea masuk dan mempercepat prosedural dokumen.

“Berbagai kemudahan yang diberikan itu diharapkan dapat menekan biaya produksi 10-20 persen. Dengan demikian, membantu para pengusaha untuk tumbuh pada masa yang sulit ini,” ucapnya.

Owner CV Flamingo, Sylvester Stallone, mengutarakan, terkait ekspor perdana tersebut, ia merasa sangat dibantu oleh Bea Cukai. Hampir dua tahun ia ekspor menggunakan nama perusahaan lain.

“Ekspor dengan menggunakan nama sendiri dapat meningkatkan kepercayaan buyer,” ungkap Sylvester. (Haris)

Komentar

News Feed