oleh

Balonbup Nasihin Masha Kritik Bangunan Patung Topeng

Cirebontrust.com – Terkait dengan pembangunan ikon Losari, Kabupaten Cirebon dengan patung topeng yang menuai banyak kritikan dari berbagai kalangan. Mulai dari kalangan DPRD Kabupaten Cirebon juga dari Bakal Calon Bupati Cirebon, salah satunya, Nasihin Masha.

Menurutnya, saat ini pembangunan patung topeng Losari sedang menjadi viral di media sosial. Warganet menyoal patung itu, dianggap tak sesuai realita. Patung itu memperlihatkan bagian paha.

Sedangkan kostum penari Topeng Cirebon, selalu mengenakan celana panjang 3/4 atau di bawah lutut.

“Ini menunjukkan sang pematung kurang riset. Atau melakukan improvisasi yang tak sesuai dengan nilai-nilai dan spirit yang terkandung dalam seni budaya Cirebon, yang berakar pada warisan Kanjeng Syekh Syarif Hidayatullah,” jelasnya.

Untuk itu, kata Nasihin, harus ada perbaikan terhadap patung tersebut. Warna dan ornamen patung, juga harus disesuaikan dengan tradisinya.

“Mari kita jaga dan kita kembangkan seni dan tradisi Cirebon yang berakar pada nilai-nilai masyarakat Cirebon, yang sudah ditanamkan oleh Kanjeng Syekh Syarif Hidayatullah,” pungkas balonbup dari dari Partai Gerindra itu. (Sukirno Raharjo)

BACA JUGA:   Situs Matangaji Hancur, Komisi III DPRD: Harus Segera Diperbaiki

Komentar

News Feed