oleh

Ambisi Ingin Kurus, Jangan-jangan Gejala Anoreksia?

Ilustrasi: shutterstock

Cirebontrust.com – Anoreksia adalah salah satu jenis gangguan makan yang ditandai dengan keinginan memiliki tubuh kurus secara berlebihan. Gangguan ini umumnya dialami para remaja.

Bukan sekadar tak mau makan, anoreksia juga bisa berujung pada kematian akibat malnutrisi yang membuat rusaknya organ-organ tubuh. Sangat penting bagi orangtua mengenali tanda-tanda atau gejala anoreksia pada anak.

Psikolog dari Klinik LightHOUSE, Naomi Ernawati Lestari mengungkapkan, gejala anoreksia bisa dilihat secara fisik maupun psikologis. Anoreksia membuat berat badan di bawah indeks massa tubuh yang normal. Pada anoreksia yang sudah cukup parah, anak terlihat sangat kurus sampai tulangnya telihat menonjol.

Secara psikologis, tanda-tanda anak anoreksia antara lain, sering menolak makan atau mengaku sudah makan dan sangat membatasi makanan yang dikonsumsi. Anak juga bisa menarik diri dari lingkungannya, menghindari situasi sosial yang memungkinkan ia untuk makan, dan sangat terobsesi menghitung jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh, demikian dikutip dari KompasHealth, Sabtu (25/2/2017).

BACA JUGA:   TNGC Salurkan Seribu Paket Sembako

Komentar

News Feed