oleh

Aliansi Mahasiswa Desak Dewan Optimalkan Tupoksi

Citrus.id – Majalengka sebagai kota megapolitan, kota industri, dan kota pariwisata merupakan kebanggaan masyarakat. Oleh sebab itu, perlu pemikiran bersama dalam membangun kabupaten Majalengka menjadi lebih baik lagi sebagaimana visi Majalengka Raharja.

Hal tersebut disampaikan Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kabupaten Majalengka, Eka Prisaptio, saat demo di depan gedung DPRD Kabupaten Majalengka. Dalam demo itu, HMI bersama GMNI dan Himmaka tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Majalengka, Senin (2/9).

Sumber daya manusia di Majalengka belum mampu bersaing. Itu menjadi tanggung jawab bersama, khususnya pemerintah sebagai pemangku kebijakan untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam menghadapi persaingan global.

“Tanggal 29 Agustus 2019 adalah momen penting bagi masyarakat Majalengka. Akankah dewan yang baru dapat memberikan solusi atas persoalan Kabupaten Majalengka Mampukah wajah baru DPRD mewujudkan Majalengka Raharja,” katanya.

Ketua GMNI Majalengka, Ade Karmuji, menambahkan, dalam UU No. 17 Tahun 2014 pasal 372 dan 373 tentang hak dan kewajiban anggota DPRD Kabupaten/Kota. Begitu jelasnya tentang apa yang harus di lakukan dan tidak di lakukan oleh anggota DPRD Kabupaten Majalengka.

“Kami menuntut anggota DPRD Kabupaten Majalengka untuk menjalakan fungsinya sebagai legislator, pengontrol, dan pengawasan anggaran yang baik,” tandasnya.

Hal senada dikatakan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Majalengka (Himmaka), Arif Hidaya, DPRD harus mampu merumuskan sejumlah Peraturan Daerah (Perda) yang mengutamakan kepentingan rakyat dan mengoptimal pengawasan terhadap kinerja pemerintahan kabupaten Majalengka.

“Kami juga menuntut anggota DPRD untuk mengevaluasi kinerja DPRD dan dapat melaksanakan tanggung jawab serta mengkoordinir aspirasi seluruh masyarakat. Janji-janji pada masa kampanye kami diharapkan tidak hanya sebagai jargon politik semata, tetapi juga harus dilaksanakan sebagaimana amanat penderitaan rakyat,” tandasnya.

BACA JUGA:   Lahan TNGC Seluas 15 Hektare yang Terbakar Berhasil Dipadamkan

Arif dalam orasinya menuntut anggota DPRD kabupaten majalengka untuk sering bersentuhan dengan masyarakat agar dapat merasakan kekurangan yang ada di masyarakat. Semoga wajah
DPRD yang baru dapat meningkatkan mutu kualitas masyarakat Majalengka.

“Kami tegaskan pula bahwa kami akan mengawal setiap kebijakan DPRD kabupaten Majalengka,” pungkasnya.(Abduh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed