oleh

Warga Lojikobong Bersihkan Gunungan Sampah Sungai Cikamangi

Citrust.id – Warga Desa Lojikobong, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka bahu-membahu melaksanakan kerja bakti. Mereka turun ke sungai membersihkan sampah yang menggunung di bantaran Sungai Cikamangi, Jumat (8/2/2019)

Kepala Desa Lojikobong, Eman mengatakan, bersih-bersih Sungai Cikamangi dilaksanakan setelah sampah terlihat menumpuk dan menyumbat saluran sungai tersebut.

“Saat ini musim hujan, debit air dari hulu biasanya tinggi. Jika saluran air ini tersumbat oleh tumpukan sampah, dikhawatirkan nanti meluap dan terjadi banjir menimpa perkampungan dan area persawahan,” ungkapnya diamini Indra salah satu perangkat desa Lojikobong.

Menurutnya, sampah-sampah yang berhasil diangkat dari sungai selanjutnya akan dibuang di tempat pembuangan akhir sampah terdekat.

“Di sepanjang saluran sungai Cikamangi ini, memang terdapat sampah dengan volume sangat banyak sehingga dapat mengganggu pandangan mata. Lingkungan pun tercemar karena sangat berbau serta aliran air terhambat,” katanya.

Di luar dugaan, masyarakat merespons positif kegiatan bersih -bersih sampah di sungai itum Mereka sangat antusias bergotong-royong membersihkan sampah yang menumpuk di sepanjang saluran sungai terutama di bawah jembatan Sungai Cikamangi ini.

“Saya sangat berterima kasih kepada warga yang telah meluangkan waktu dan tenaganya ikut kerja bakti membersihkan sampah di sungai Cikamangi ini,” ucapnya

Pihaknya berharap kepada semua warganya untuk menjaga kebersihan lingkungan termasuk sungai dan tidak membuang sampah ke sungai. (Abduh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed