oleh

Dinkes Kota Cirebon Dinilai Kurang Serius Hidupkan Pramuka Saka Bakti Husada

Citrust.id – Dinas Kesehatan Kota Cirebon dinilai kurang serius menghidupkan Satuan Pramuka (Saka) Bakti Husada Kota Cirebon. Sejumlah anggota lama mengeluhkan kondisi tersebut.

Salah satu anggota Saka Bakti Husada, Mohammad Ridwan, mengatakan, Saka Bakti Husada bisa jadi pelopor menerapkan perilaku hidup sehat di masyarakat.

“Anggota Saka Bakti Husada pun bisa didayagunakan sebagai agen perubahan (agent of change) di kalangan anak muda,” katanya.

Pramuka Bakti Husada dibentuk berdasarkan UU Nomor 12 Tahun 2010 dan Piagam Kerjasama antara Kementerian Kesehatan dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Pada tahun 2015, piagam itu diperbaharui menjadi landasan hukum dalam berbagai upaya kesehatan melalui pendidikan kepramukaan.

Untuk itu, Ridwan juga mendesak diadakannya rekrutmen anggota baru. Pasalnya, keberadaan Saka Bakti Husada juga bermanfaat sebagai sarana bagi anggota pramuka yang ingin mengenal dan mengetahui dunia kesehatan.

“Dinas Kesehatan Kota Cirebon pun hendaknya bekerjasama dengan sejumlah instansi, seperti puskesmas, rumah sakit dan lain-lain. Hal itu dilakukan untuk pembekalan bagi para anggota Saka Bakti Husada,” ujarnya. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed