oleh

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, BPJS Kesehatan Cirebon Bersinergi dengan Pemda Indramayu

Citrust.id – Kepuasan masyarakat dalam mendapatkan akses layanan kesehatan masih menjadi salah satu poin utama yang harus ditingkatkan. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang mulai khawatir untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan.

Untuk mengatasi hal tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Cirebon mengajak Pemerintah Kabupaten Indramayu untuk terus berkontribusi meningkatkan kualitas pelayanan di fasilitas kesehatan sehingga akan memberikan dampak positif terhadap tingkat kepuasan peserta JKN-KIS.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Budi Setiawan, menjelaskan, Forum Kemitraan bertujuan untuk dapat meningkatkan mutu layanan serta membangun hubungan kemitraan yang baik antar-lembaga, pemerintah daerah, fasilitas kesehatan, ataupun instansi lainnya. Dengan adanya sinergi yang baik antara berbagai pihak, diharapkan dapat semakin meningkatkan kepuasan peserta dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS.

“Dalam menyukseskan Program Jaminan Kesehatan Nasional, BPJS Kesehatan sangat mengharapkan dukungan dari berbagai pihak, terutama berkaitan dengan pemberian layanan kesehatan serta tentang cakupan kepesertaan di wilayah Kabupaten Indramayu. Oleh karenanya, kami sangat berharap adanya sinergi yang baik di Kabupaten Indramayu,” ujar Budi, Senin (28/9).

Sampai dengan bulan September tahun 2020, Budi menyebut ada sebanyak 1.399.355 penduduk di wilayah Kabupaten Indramayu telah terdaftar sebagai Peserta JKN-KIS. Banyaknya jumlah Peserta JKN-KIS di wilayah Kabupaten Indramayu tersebut diimbangi dengan adanya 107 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama serta 8 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“Artinya, fasilitas kesehatan di wilayah Kabupaten Indramayu harus dioptimalkan terkait dengan pelayanan yang diberikan kepada peserta. Untuk itu, kami berharap kepada seluruh fasilitas kesehatan, baik puskesmas, klinik maupun rumah sakit untuk terus berkomitmen memberikan pelayanan yang berkualitas demi meningkatkan kepuasan masyarakat, khususnya peserta JKN-KIS,” kata Budi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu, Rinto Waluyo, mengapresiasi serta mendukung penuh terselenggaranya pertemuan evaluasi itu. Menurut Rinto, Forum kemitraan itu sangat penting dilaksanakan karena merupakan sarana komunikasi dalam mengoptimalkan penyelenggaraan Program JKN-KIS di Kabupaten Indramayu. Pihaknya akan mendorong OPD terkait untuk dapat mengoptimalkan pelayanan kesehatan terhadap peserta serta cakupan kepesertaan Program JKN-KIS di Kabupaten Indramayu, terutama segmen PBI.

“Kami akan optimalkan peran berbagai OPD untuk dapat mendorong masyarakat mendaftar sebagai Peserta JKN-KIS sesuai dengan segmentasinya. Oleh karenanya, kami berharap adanya komitmen bersama untuk dapat memberikan jaminan Kesehatan yang terbaik kepada seluruh penduduk di wilayah Kabupaten Indramayu,” tandas Rinto. (Haris)

Komentar

News Feed