oleh

SMAN 3 Kuningan Buka Tiga Jalur PPDB

Citrust.id – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN di Kuningan Tahun Ajaran 2019-2020 mengikuti aturan baru yang berlaku secara nasional. Sebelumnya, penerimaan siswa di sekolah negeri selalu diambil berdasarkan ranking Ujian Nasional Pendaftar. Namun, kini melirik unsur sosial di samping prestasi akademis.

Ketua pelaksana PPDB, Kanda, menjelaskan, SMAN 3 membuka pendaftaran mulai 17 Juni hingga 22 Juni. Ada ada 3 Jalur penerimaan, yakni jalur zonase, prestasi, dan jalur perpindahan orang tua.

“Sebanyak 90 persen jalur zonase terdiri dari tiga kategori, yaitu zonase jarak murni 55 persen, zonase keluarga ekonomi tidak mampu 20 persen, dan zonase kombinasi, meliputi jarak 30 persen dengan nilai NHUN 70 persen. Sekarang sedang dilakukan daftar ulang setelah sebelumnya mereka mendaftar secara online” jelasnya, Rabu (19/6/2019).

Jalur berikutnya, sambung Kanda, yakni jalur prestasi. Jalur itu meliputi jalur prestasi akademis yang diambil dari nilai NHUN dan mengambil 5 persen jalur prestasi nonakademis.

Jalur perpindahan orang tua menjadi jalur terakhir yang disediakan Panitia PPDB. Syarat jalur ini tentu berdomisili di Kuningan karena orang tua siswa dalam kondisi bertugas atau memiliki pekerjaan seperti PNS, BUMN, BUMD.

“SMAN 3 termasuk ke dalam zona A yang meliputi wilayah Kecamatan Selajambe, Subang, Kadugede, SindangAgung, Kramatmulya, Cilebak, Darma, Nusaherang, Cigugur dan Kuningan. Itu zonase yang dimaksud dari jalur pertama,” ujarnya.

Kanda yang juga seorang guru dan Pembina Kesiswaan SMAN 3, sistem PPDB saat ini memiliki kelebihan. Calon siswa yang tinggal di sekitar sekolah bisa mendaftar melalui jalur zonase. Meski demikian, jalur prestasi pun tetap ada hanya saja dibatasi persentasenya.

“Hakekat aturan ini, yaitu pendidikan harus dinikmati para generasi penerus secara merata. Dua hari ini sekitar 400 pendaftar telah masuk. Kami memiliki kuota 9 kelas yang bisa menampung 324 siswa. Semua jalur yang disediakan ada pendaftarnya,” katanya.

BACA JUGA:   Penjual Es Keliling di Cirebon Ditangkap Densus 88

Sementara itu, antrian pendaftar membanjiri SMAN 3 Kuningan, Para calon siswa disediakan seratusan tempat duduk di Aula Sekolah. Mereka ada yang datang sendiri atau diantar orangtua dan Guru tempat sekolah asal.

Seperti yang dilakukan Edwan Septiawan, S.Pd guru MTSN Luragung tengah mengantar 3 siswa terbaiknya melalui jalur prestasi non Akademis.

“Siswa saya ada yang berprestasi di Paskibraka. Mereka beberapa kali menjuarai perlombaan. Ada 3 siswa yang percaya diri mendaftar kesini. Saya sangat bangga karena mereka mendaftar di salahsatu sekolah favorit di Kuningan, SMAN 3,”ungkapnya.

Berdasarkan penilaian Edwan, SMAN 3 sangat diminati calon pendaftar dari seantero Kuningan. Karena fasilitas lengkap, prestasi lulusan yang bagus dan menurutnya SMAN 3 sangat bergengsi. Dirinya berharap 3 anak didiknya lolos seleksi. (Ipay)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed