oleh

Peringati HMPI, Puluhan Ribu Bibit Pohon Ditanam di Majalengka

Citrust.id – Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Majalengka bersama sejumlah unsur stakeholder menanam puluhan ribu bibit pohon , Rabu (30/11/2022).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Majalengka, Nadisha Hanna Haritzin mengatakan, kegiatan itu bertujuan mengimplementasikan nilai-nilai strategis gerakan revolusi mental. Kegiatann itu juga dalam upaya mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi lahan, serta penurunan produktivitas lahan.

“Target penanaman tahun ini adalah 26.134 pohon, serentak di seluruh kecamatan di Kabupaten Majalengka. Bupati memimpin kegiatan ini di Desa Putri Dalem, Jatitujuh,” ujar Nadisha.

Bibit tanaman pohon ini berasal dari BPDAS Cimanuk-Citanduy sebanyak 20.934 pohon, Perum Perhutani seribu pohon, dan TNGC 200 pohon. Jenisnya pohon kayu-kayuan dan buah-buahan.

Sementara itu, Bupati Majalengka, Sobahi, mengapresiasi aksi menanam puluhan ribu bibit pohon dalm rangka peringati HMPI itu.

Aksi itu juga bertujuan lebih membangkitkan semangat, motivasi, dan membudayakan menanam dan memelihara pohon. Haal itu dalam rangka membangun ekosistem untuk memperbaiki, merehabilitasi, dan merestorasi hutan dan lahan.

“Esensinya adalah memberikan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon,” ujar Karna. (CT)

Komentar