oleh

Meski Rajin Olahraga, Sia-sia Jika Duduk Mendominasi Aktivitas

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Di era canggih sekarang ini, sebagian besar aktivitas kita memang dilakukan sambil duduk. Mulai dari perjalanan pergi dan pulang kantor, serta bekerja dengan duduk di belakang meja.  Sampai rumah beristirahat dengan duduk di kursi empuk menonton TV atau memantau media sosial.

Walau kita merasa nyaman melakukan aktivitas sambil duduk, tetapi sebenarnya ada ancaman tersembunyi bagi kesehatan. Penelitian menunjukkan, rata-rata orang dewasa menghabiskan waktu 10 jam setiap hari untuk mengeluarkan energi sedikit dan dilakukan sambil duduk atau berbaring, misalnya duduk menonton televisi, bekerja di meja, membaca, atau menyetir kendaraan. Perilaku tersebut berpengaruh besar dalam kondisi kesehatan seseorang.

Berbagai riset membuktikan, melakukan perilaku tersebut dalam waktu lama setiap hari meningkatkan risiko terkena diabetes dan penyakit jantung. Untuk mengurangi waktu itu, tidak cukup hanya dengan ke gym atau melakukan olahraga yang hanya sekali-sekali.

Orang yang menghabiskan waktunya untuk berolahraga 40 menit setiap hari tetapi hampir 12 jam duduk setiap hari di luar waktu tidurnya, akan memiliki risiko penyakit lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga tetapi 12 jam bergaya hidup aktif.

Untuk mengurangi risiko penyakit akibat terlalu banyak duduk, maka disarankan melakukan gaya hidup aktif misalnya banyak berjalan kaki, naik tangga, atau melakukan pekerjaan rumah tangga. (Net/CT)

BACA JUGA:   Warga Sambut Antusias Dilanjutkannya Pembangunan Stadion Watubelah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed