oleh

Kendalikan Hama, TNI dan Petani Lakukan “Gropyok Tikus”

Cirebontrust.com – Dalam rangka mengendalikan hama tikus, juga mendukung ketahanan pangan nasional, Dandim 0620 Sumber Kabupaten Cirebon beserta Petani di dua desa Kecamatan Kapetakan, pegagan Kidul dan Desa Kertasura melakukan pembasmian terhadap hama tikus, atau masyarakat setempat menyebutnya “Gropyok Tikus”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, kuwu se-Kecamatan Kapetakan, UPT Pertanian Kapetakan, Muspika, Pertanian dan BP3K Desa Kertasura dan Pegagan Kidul.

Selain itu, perwakilan dari 3 Koramil yakni Koramil 2021/Kapetakan, Koramil 2020/Gegesik, Koramil 2019/Arjawinangun, Yon Arhanudse 14 Cirebon dan warga masyarakat Desa Kertasura dan Pegagan Kidul Kecamatan Kapetakan dan juga Polri, juga para ketua kelompok tani.

Kegiatan berlangsung di areal pesawahan Blok Sitlak, Desa Kertasura, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon,

Dandim 0620/Kab. Cirebon Letkol Inf Irwan Budiana, SE, MM, menyampaikan, Kegiatan tersebut sebagai evaluasi ketahanan pangan di Kecamatan Gegesik. Dirinya mengucapkan terima kasih kepada Dinas Penyuluhan Pertanian dan Muspika serta warga masyarakat atas tergelarnya kegiatan Gropyok Tikus tersebut.

“Harapan kami Oktober 2017 ini, hasil panen bisa bagus dan menjadi swasembada pangan dengan target hasil panen 500 ribu ton,” ujar Dandim kepada Cirebontrust.com, Rabu (22/02).

Sementara itu, Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Wasman menyampaikan bahwa Kegiatan Gropyok Tikus tersebut bertujuan untuk meningkatkan hasil panen.

“Dengan dilakukannya Gropyok Tikus ini, dengan jumlah lahan Kabupaten Cirebon sekitar 40 ribu hektare, diharapkan bisa melakukan panen tiga kali dalam satu tahun,” ujar Wasman. (Sukirno Raharjo)

BACA JUGA:   Anggota DPRD Jabar Bagikan Ratusan Paket Sembako untuk Lansia

Komentar

News Feed