oleh

Kenapa Sekarang Pasien Jalani Operasi dalam Kondisi Sadar?

Ilustrasi: shutterstock

Cirebontrust.com – Dari kacamata medis, memang tak semua pasien senang jika harus ikut melihat operasinya. Banyak juga yang merasa cemas bila mereka tetap tersadar. Di lain pihak, bius total membuat mereka khawatir jika tak bisa bangun lagi setelah operasi.

Pada beberapa jenis operasi, misalnya stimulasi otak dalam, dokter akan tetap membuat pasien tetap tersadar agar bisa melakukan komunikasi yang memang mempengaruhi tindakan dokter.

Walau begitu, operasi lain pada umumnya dilakukan dalam kondisi dibius total. Berkat kemajuan teknologi anestesi seperti injeksi penghambat saraf regional, memungkinkan pasien tersadar sepenuhnya atau pun dibius dalam kondisi moderat.

Operasi ortopedi merupakan pelopor dalam jenis operasi yang pasiennya tetap sadar. Operasi pada payudara, usus besar, toraks, pembuluh darah, urologi, dan juga kosmetik, kini juga mulai mengikuti tren ini.

Dari segi medis, anestesi lokal memiliki risiko komplikasi lebih kecil dibanding anestesi umum (bius total). Dari segi biaya juga jauh lebih murah. Keuntungan lain adalah waktu pemulihan lebih singkat dan efek sampingnya kecil.

Walau begitu, tak semua dokter setuju dengan tindakan tersebut. Mereka khawatir jika pasien menjadi terlalu cemas saat sedang dioperasi atau pun mengganggu konsentrasi dokter bedah dengan terlalu banyak bertanya, demikian dikutip dari KompasHealth, Sabtu (1/4/2017).

BACA JUGA:   Pemda Kota Cirebon Tak akan Berlakukan Lockdown tanpa Seizin Pusat

Komentar

News Feed