oleh

Kembangkan Potensi Agrowisata, Pemkab Cirebon Gelontorkan Dana hingga Rp7 Miliar

Ilustrasi

Cirebontrust.com – Dalam waktu dekat Kabupaten Cirebon akan memiliki agrowisata. Rencananya akan dibangun di wilayah timur Kabupaten Cirebon, tepatnya di Kecamatan Sedong.

Bahkan untuk merealisasikan hal tersebut, pemerintah Kabupaten Cirebon akan menggelontorkan anggaran Rp7 miliar untuk pembangunan agrowisata di Kecamatan Sedong pada tahun depan.

Pemkab Cirebon sendiri menilai, Kecamatan Sedong cocok dijadikan lokasi agrowisata, khususnya dari segi geografis. Di sisi lain, pembangunan agrowisata di lokasi inipun ditunjang oleh kebun mangga Gedong Gincu, yang merupakan mangga terbaik di dunia serta keberadaan Situ Sedong yang memiliki pemandangan yang indah.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Ali Effendi mengatakan pihaknya sudah melakukan ekspose kepada Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Cirebon.

“Hasilnya, pembangunan agrowisata memang serius, buktinya Pemkab Cirebon akan gelontorkan dananya di tahun ini juga,” katanya, Selasa (07/03).

Menurut Ali, perkebunan mangga Gedong Gincu memiliki areal lahan yang sangat luas, yaitu 130 hektare, dan Situ Sedong memiliki areal lahan hingga 80 hektare. Kombinasi antara agrowisata dengan wisata air di Situ Sedong tersebut, menurut Ali, sudah lama menjadi pertimbangan Pemkab Cirebon yang terus mengembangkan potensi wisata.

Ali mengatakan, selain kebun mangga Gedong Gincu, pihaknya juga akan mengembangkan potensi lainnya.

“Kita pun akan mengembangkan potensi kebun buah naga, pepaya, durian, hingga strawberry. Sebab, alam di Kecamatan Sedong cukup sejuk sehingga cocok dikembangkan aneka ragam buah-buahan seperti hal nya di Malang, Jawa Timur,” katanya.

Tak hanya itu, di lokasi agrowisata ini pun akan dibangun cottage, sehingga Pemkab Cirebon akan mendapatkan tambahan pemasukan dari menginapnya para wisatawan.

“Jadi, wisatawan bisa betah berlama-lama di sini, selain mereka nantinya bisa memetik buah sendiri langsung dari pohonnya,” imbuhnya. (Iskandar)

Komentar

News Feed