oleh

Google Berupaya Amankan YouTube dari Malware

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Seperti yang telah diketahui, lalu lintas data ke berbagai layanan Google kini akan lebih banyak melewati jalur HTTPS, yang dinilai lebih aman, terutama layanan Calendar dan YouTube.

Dalam pengumuman terbarunya, lebih dari 97% lalu lintas data di YouTube akan melalui jaringan yang terinkripsi tersebut. Mulai Maret lalu, Google sudah mulai melaporkan penggunaan jalur HTTPS di layanan miliknya.

Dalam laporan tersebut, ada 75% layanan Google yang sudah menggunakan jalur HTTPS, namun Calendar dan YouTube tak ada di dalam daftar tersebut. Namun kini Google mulai lebih memperhatikan Calendar dan YouTube, mengingat banyaknya ‘dedemit maya’ atau bahkan bermacam agensi intelijen sering menyusupkan malware ke dalam layanan streaming video, yang bisa terjadi jika layanan itu tak terenkripsi.

HTTPS cenderung lebih kompleks dalam hal protokol, sehingga banyak situs yang urung mengadopsi jaringan tersebut, demi menjaga kenyamanan penggunanya yang menggunakan perangkat jadul, karena dianggap akan melambatkan atau memberatkan perangkat. Khusus untuk YouTube, Google menjamin kalau perangkat yang bisa melakukan streaming video pasti bisa menjalankan enkripsi di HTTPS. (Net/CT)

BACA JUGA:   Penjual Es yang Ditangkap Densus 88 Diduga Terlibat Jaringan JAD

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed