oleh

Cara Gunakan Google Maps Tanpa Akses Internet di Android

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Kemampuan mengakses Google Maps tanpa koneksi internet (offline) sudah bisa dinikmati sejak beberapa saat lalu di Android. Namun, bagi yang masih bingung menjalankan fitur tersebut.

Caranya, jika Anda melihat tiga kombinasi opsi “Save”, “Share”, dan “Download” saat membuka lokasi di Maps, maka aplikasi Anda telah diperbarui dan bisa menggunakan fasilitas peta Google Maps secara offline.

Namun, jika kombinasi opsi masih terpaut pada “Call”, “Save” dan “Website”, artinya aplikasi belum mendapat pembaruan, atau pengguna harus memperbaruinya secara manual terlebih dahulu.

Bagi pengguna yang sudah mendapat pembaruan, berikut langkah-langkah memanfaatkan fitur akses offline pada Maps.

Pertama, buka aplikasi Maps pada perangkat Android. Pengguna iOS sebenarnya juga sudah bisa menjalankan fitur ini. Langkah-langkahnya kurang lebih sama dari versi Android.

Kedua, cari lokasi tujuan. Pada tahap ini pengguna masih harus terkoneksi internet. Jika di rumah atau di kantor tersedia akses Wi-Fi, pengguna bisa lebih menghemat pemakaian data sebelum kemudian beranjak ke tempat sasaran.

Ketiga, unduh lokasi tujuan. Maps akan memperlihatkan informasi estimasi waktu untuk mencapai tujuan. Adapula informasi cuaca, foto-foto, dan deskripsi tempat jika sudah tersedia.

Bersamaan dengan itu, terpatri juga tiga opsi yang telah disebutkan sebelumnya (Save, Share, Download). Pengguna cukup menekan pilihan “Download” untuk mengunduh lokasi.

Keempat, konfirmasi lokasi tujuan. Maps bakal menunjukkan rute lokasi dan memastikan kepada pengguna apakah rute tersebut yang ingin ditempuh. Jika benar, pengguna cukup menekan layar untuk menyetujui perintah unduh.

Kelima, Maps akan mengunduh lokasi tujuan yang telah disepakati. Setelahnya, pengguna bisa beranjak menuju lokasi tersebut dengan informasi rute dari Maps tanpa harus mengaktifkan internet. (Net/CT)

Komentar

News Feed