oleh

BPJS Kesehatan Cirebon-Kemenag Kuningan Jalin Kerjasama Optimalisasi Program JKN-KIS

Citrust.id – BPJS Kesehatan Cabang Cirebon menggelar sosialisasi dan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kuningan di Aula Pondok Pesantren Miftahul Falah Kuningan, Kamis (3/5).

Kerjasama itu terkait penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional bagi jemaah haji, jemaah umrah dan petugas haji Kabupaten Kuningan.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Kemenag Kabupaten Kuningan H Yusron Kholid, Kepala Seksi Haji, Hamzah Rukmana, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cirebon Dasrial, Kepala Kantor Kabupaten Kuningan Budi Sukwara serta seluruh pimpinan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) di wilayah Kabupaten Kuningan.

Dasrial mengungkapkan, penandatanganan perjanjian kerjasama itu merupakan kelanjutan perjanjian kerjasama antara Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementrian Agama Republik Indonesia dengan BPJS Kesehatan pusat.

Perjanjian kerja sama ini juga bertujuan mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) Kabupaten Kuningan dan meningkatkan kualitas pembinaan, pelayanan dan perlindungan kesehatan bagi calon jemaah haji, jemaah umrah dan petugas haji.

Dikatakan Dasrial, untuk mencapai UHC diperlukan dukungan dari berbagai pihak baik masyarakat maupun instansi pemerintah. Salah satunya melalui peningkatan kerja sama kemitraan, koordinasi dan komunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan seperti Kemenag Kuningan.

“Kepesertaan program JKN-KIS ini tidak hanya untuk para calon jemaah haji saja, tapi juga diwajibkan bagi seluruh anggota keluarganya,” ujarnya.

Sementara, Kepala Kemenag Kabupaten Kuningan, H Yusron Kholid, menyatakan, dirinya sangat menyambut baik dan mendukung penuh kerja sama yang telah ditandatangani sebagaimana diamanatkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Hal itu juga bertujuan agar jamaah haji dapat terlindungi jaminan kesehatannya dengan mendaftar sebagai peserta JKN-KIS pada saat pra dan pasca ibadah haji. Pelayanan kesehatan pada saat pra dan pasca ibadah haji merupakan tanggung jawab jamaah,” terangnya. /haris

Komentar

News Feed