oleh

Bild Lilli, Boneka Cantik di Dunia Sebelum Barbie

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Anda pasti belum tahu senior dari Barbie dan ternyata lebih dulu popular pada zamannya. Ketika Lilli mulai dipasarkan pada tahun 1955, boneka ini langsung laris manis di pasaran. Penampilan Lilli yang modis membuatnya jadi idola anak perempuan di Jerman. Boneka ini bahkan sampai dipasarkan di negara-negara tetangga.

Awalnya, Lilli adalah karakter komik yang muncul secara berseri di tabloid Bild-Zeitung. Kreatornya adalah Reinhard Beuthien. Beuthien menggambar kartun wanita sensual ini hanya untuk mengisi kolom yang kosong di halaman koran.

Beuthien lebih memilih menggambar bayi, tetapi bosnya tidak menyukai gambar itu. Lantas Beuthien mengganti tubuh gambar bayi itu dengan sosok wanita dewasa yang penuh lekuk, rambut panjang bergaya ekor kuda, dan mengenakan sepatu berhak tinggi. Beuthien menamainya Lilli.

Lilli merupakan cerminan wanita berjiwa modern pada tahun 1950-an. Lilli digambarkan sebagai seorang sekretaris yang memiliki pikiran bebas dan mencintai gaya hidup hedonis. Lilli kerap melemparkan komentar sinis namun bernada humor. Rupanya, kartun itu disukai semua orang.

Ketika Ruth Handler bertamasya ke Eropa, dia membeli beberapa buah Bild Lilli untuk dibawa pulang ke Amerika Serikat. Saat itu Handler sudah memiliki gagasan untuk memproduksi boneka fashion sendiri. Handler pun menjadikan Lilli sebagai model untuk boneka Barbie yang pertama. (Net/CT)

BACA JUGA:   Trotoar Diperlebar, Jalan Siliwangi Bakal Makin Sempit

Komentar

News Feed