oleh

Berdayakan Masyarakat, GP Ansor Kab. Cirebon Galakan Budidaya Hasil Tani

ansor-kab.-cirebon

Citrust.id – Upaya memberikan kontribusi terhadap program pemberdayaan masyarakaat, Pengurus Cabang GP Ansor Kabupaten Cirebon, menggalakan budidaya hasil tani di Desa Sinarancang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. Pada periode pertama, berhasil menanam jagung dan cabai di area seluas 1 hektare, Selasa (29/01).

Program budidaya hasil tani di area non produktif ini dilakukan dengan melibatkan kader Ansor. Mereka dilatih bagaimana cara memanfaatkan lahan kosong untuk dikelola menjadi lahan produktif menjadi ladang yang visa ditanami palawija, cabe dan jagung.

“Kita siapkan lahannya yang sebelumnya lahan tidak terurus, diolah menjadi lahan produktif. Ibaratnya kita babad alas menyulap lahan tidur menjadi ladang yang produktif,” kata Ust H Ujang Busthomi Ketua PC Ansor Kabupaten Cirebon.

Program budidaya hasil tani ini menurut Ujang, bagian dari pemberdayaan kader Ansor agar peduli terhadap ekonomi masyarakat di daerah tempat tinggalnya. Membangkitkan kembali semangat bertani untuk menghidupkan perekonomian dan pembangunan desa di Kabupaten Cirebon.

“Dari pada mereka bekerja ke luar kota, kan lebih baik membangun desanya sendiri melalui sektor pertanian. Kader Ansor selain bisa terjun langsung budidaya jagung, palawija dan cabe, mereka juga bisa membawa saudara atau pemuda di desanya untuk terlibat belajar bertani. Kedepannya mereka bisa melakulannya sendir,” tambahnya.

Dengan melibatkan kader Ansor, untuk periode pertama tanam jagung di atas lahan satu hektare, bisa menghasilkan lebih dari 300 kuintal jagung. Panen dilakukan setiap tiga bulan sekali. Selain jagung, dalam waktu dekat juga akan panen cabe yang ditanam dipinggir lahan tersebut. “Alhamdulillah hasilnya bisa dijual dan bisa dinikmati oleh kader Ansor sendiri. Saya senang bisa menggerakkan mereka untuk lebih berdaya,” tutup Ujang. /hayat

Komentar

News Feed