Citrust.id – Sebagai upaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), BPJS Kesehatan Cabang Cirebon adakan kegiatan evaluasi pelayanan kesehatan Triwulan III tahun 2021, Selasa (26/10). Kali ini, kegiatan evaluasi dilakukan kepada Puskesmas di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Cirebon sejak 21 Oktober 2021. Kegiatan tersebut diadakan melalui media video conference dan dihadiri Kepala Puskesmas.
Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Ridha Mugiar, menjelaskan, evaluasi itu dilakukan terhadap capaian Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK) yang diperoleh oleh setiap puskesmas. KBK merupakan pengembangan dari sistem Pembayaran Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan (KBKP). Penerapan KBK untuk pembayaran Kapitasi di FKTP bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di FKTP serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan program Jaminan Kesehatan.
“Penilaian terhadap FKTP melalui sistem KBK dilihat berdasarkan berbagai Indikator. Angka kontak, rasio rujukan rawat jalan non spesialistik, dan rasio peserta prolanis terkendali merupakan indikator dalam Penilaian KBK,” jelas Ridha.
Ridha berharap, melalui evaluasi itu diharapkan FKTP dapat mengoptimalkan nilai KBK-nya dan termotivasi untuk meningkatkan pelayanan terbaik kepada Peserta JKN-KIS, sesuai komitmen yang telah disepakati dalam perjanjian kerjasama. Selain itu, dengan adanya pertemuan itu, FKTP dapat melakukan input ke Aplikasi P-Care, karena setiap indikator penilaian KBK tersebut dinilai berdasarkan input data yang dilakukan oleh FKTP pada aplikasi P-Care.
“FKTP memegang peranan penting sebagai ujung tombak dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada Peserta JKN-KIS. Untuk itu, setiap FKTP diharapkan untuk selalu meningkatkan pelayanan, sehingga Capaian Indikator Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK) bisa optimal,” jelasnya.
Sementara itu Kepala UPTD Puskesmas Cikedung, Ujang Marsono, menyampaikan apresiasinya kepada BPJS Kesehatan Cabang Cirebon atas kegiatan evaluasi yang dilaksanakan. Menurutnya, terdapat beberapa masukan dari BPJS Kesehatan yang diimplementasikan di Puskesmas Cikedung untuk semakin meningkatkan kualitas layanan.
“Melalui pertemuan ini, kami berkomitmen akan terus meningkatkan pelayanan kepada peserta berdasarkan masukan dan hasil evaluasi hari ini,” ujar Ujang. (Haris)