KAI Imbau Penumpang Pesan Tiket Nataru Lebih Awal

  • Bagikan
KAI Imbau Penumpang Pesan Tiket Nataru Lebih Awal
KAI imbau penumpang pesan tiket Nataru lebih awal. (Ist.)

Citrust.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 3 (Daop 3) Cirebon resmi membuka penjualan tiket kereta api untuk masa libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru 2025/2026). Pemesanan tiket dapat dilakukan mulai H-45 sebelum jadwal keberangkatan melalui seluruh kanal resmi KAI.

Manager Humas Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin, mengatakan, kebijakan itu dilakukan untuk mengantisipasi tingginya permintaan perjalanan pada periode libur panjang akhir tahun.

“Pelanggan sudah dapat melakukan pemesanan tiket melalui kanal resmi KAI, seperti aplikasi Access by KAI, situs kai.id, serta loket dan mitra penjualan resmi lainnya,” ujar Muhibbuddin, Kamis (13/11/2025).

Ia mengimbau masyarakat agar segera melakukan pemesanan sejak jauh-jauh hari untuk mendapatkan tiket sesuai jadwal yang diinginkan.

“Ketersediaan tempat duduk terbatas dan animo perjalanan pada masa libur Natal serta Tahun Baru biasanya sangat tinggi, apalagi bertepatan dengan libur sekolah,” katanya.

Menurut Muhibbuddin, PT KAI juga akan menerapkan sistem antrean apabila terjadi kepadatan saat pemesanan tiket, termasuk untuk perjalanan yang berangkat dari wilayah Daop 3 Cirebon.

“Masyarakat kami imbau untuk mengecek secara berkala karena proses pemesanan berlangsung bertahap seiring penyesuaian jadwal dan pola perjalanan kereta api,” ujarnya.

Apabila terjadi antrean, calon penumpang akan mendapatkan perkiraan waktu tunggu melalui sistem.

“Selama proses berlangsung, calon penumpang diimbau untuk tidak menutup jendela aplikasi agar tetap terhubung dengan sistem. Setelah gilirannya tiba, pengguna akan diarahkan untuk melanjutkan proses pembelian tiket,” tutur Muhibbuddin.

Ia juga mengingatkan agar pelanggan hanya membeli tiket melalui kanal resmi KAI guna menghindari penipuan.

“Pastikan harga dan jadwal yang diperoleh sudah sesuai dengan rencana perjalanan,” tambahnya.

Selain itu, KAI mengimbau pelanggan agar membawa barang seperlunya demi kenyamanan dan keamanan selama perjalanan.

BACA JUGA:  Sejak Diluncurkan, Tes GeNose di Stasiun Cirebon Layani 3.496 Penumpang

Untuk memberikan kemudahan layanan, PT KAI juga menyediakan layanan Contact Center KAI 121 yang dapat diakses melalui WhatsApp di nomor 081-122-233-121. Layanan ini tersedia 24 jam setiap hari, memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi perjalanan, pemesanan tiket, hingga melaporkan barang tertinggal atau menyampaikan keluhan.

“KAI Daop 3 Cirebon terus berupaya memberikan pelayanan terbaik agar pelanggan dapat menikmati perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan,” tutup Muhibbuddin. (Haris)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *