XLSmart Perluas Layanan di Jabar, Jateng, dan Yogyakarta

  • Bagikan
XLSmart Perluas Layanan di Jabar, Jateng, dan Yogyakarta
XLSmart perluas layanan di Jabar, Jateng, dan Yogyakarta. (Foto: Ist.)

Citrust.id – PT XLsmart Telecom Sejahtera Tbk (“XLSmart” atau “IDX: EXCL”) resmi berdiri sebagai entitas telekomunikasi baru hasil penggabungan PT XL Axiata Tbk, PT Smartfren Telecom Tbk, dan PT Smart Telecom.

Kehadiran XLSmart menandai babak baru dalam dunia digital Indonesia dengan misi memperkuat konektivitas dan pengalaman pelanggan, termasuk di wilayah prioritas Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Presiden Direktur & CEO XLSmart, Rajeev Sethi, mengatakan, penggabungan itu merupakan langkah besar untuk mempercepat transformasi digital nasional.

“Pembentukan XLSmart merupakan langkah strategis untuk mewujudkan visi kami dalam menghubungkan masyarakat Indonesia secara lebih inklusif dan berkelanjutan. Jabar, Jateng, dan DIY menjadi prioritas penting kami, tidak hanya karena besarnya jumlah pengguna, tetapi juga karena potensinya dalam mendorong akselerasi ekonomi digital nasional,” ujar Rajeev saat acara peluncuran di Bandung, Senin (28/4/2025).

XLSmart kini fokus memperluas cakupan jaringan dan memperkuat jalur distribusi layanan melalui integrasi dua jaringan distribusi dari XL Axiata dan Smartfren. Upaya itu dilakukan untuk menjangkau seluruh kota dan kabupaten, dari pusat kota hingga wilayah suburban dan pedesaan di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

Rajeev menegaskan bahwa XLSmart tetap mempertahankan tiga merek utama, yakni XL, AXIS, dan Smartfren, guna melayani segmen pasar yang berbeda secara lebih efektif.

“Dengan strategi produk yang relevan dan kompetitif, pelanggan akan menikmati layanan fleksibel dengan kuota besar, harga terjangkau, akses ke platform digital populer, serta bonus layanan digital lainnya,” kata Rajeev.

Perusahaan juga memperkuat pengembangan layanan Fixed Mobile Convergence (FMC) dan Fixed Broadband (FBB), dengan memperluas infrastruktur jaringan mobile dan fiber optik.

“Kami telah melakukan investasi besar dalam perluasan jaringan 4G dan penerapan teknologi jaringan otomatis agar dapat menghadirkan performa layanan yang lebih stabil dan andal,” kata Rajeev.

BACA JUGA:  Inilah Kisah Pilu Para Mantan Atlet Indonesia

Tak hanya memperluas jaringan, XLSmart juga menggandeng pemerintah daerah, institusi pendidikan, serta pelaku UMKM di Jabar, Jateng, dan DIY. Langkah itu bertujuan mempercepat pemerataan transformasi digital di wilayah tersebut. Inisiatif layanan pelanggan berbasis digital, seperti chatbot dan kanal media sosial, menjadi salah satu kekuatan XLSmart dalam meningkatkan kepuasan pengguna.

“Ini bukan sekadar penggabungan perusahaan. Ini adalah lompatan besar menuju masa depan digital Indonesia. Dengan struktur dan identitas baru, kami siap hadir lebih dekat, lebih cerdas, dan lebih terintegrasi untuk seluruh masyarakat Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta,” ucapnya.

Dengan pangsa pasar gabungan sebesar 25 persen, proyeksi pendapatan proforma mencapai Rp45,8 triliun, dan basis pelanggan lebih dari 94,5 juta, XLSmart menargetkan menjadi perusahaan telekomunikasi yang paling dicintai di Indonesia pada tahun 2027.

“Fokus kami tetap sama dan sangat jelas, pelanggan. Kami membangun perusahaan yang lebih mendengarkan, lebih gesit bergerak, dan lebih cerdas dalam melayani,” katanya.

Seiring transformasi itu, XLSmart memperkenalkan identitas korporat baru bertajuk “Infinity World” yang mencerminkan konektivitas tanpa batas dan peluang tak berujung. Logo itu menjadi lambang komitmen XLSmart untuk memperluas cakrawala konektivitas di Indonesia.

“Identitas baru ini tidak hanya mencerminkan siapa kami, tetapi juga apa yang ingin kami bangun, Indonesia yang berkembang dan unggul di era digital. Bersama pelanggan, karyawan, dan mitra, kami memimpin percepatan menuju bangsa yang lebih smart dan lebih terkoneksi,” tandasnya. (Haris)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *