Gabungan XL Axiata dan Smartfren Lahirkan XLSMART, Siap Koneksikan Nusantara

  • Bagikan
Gabungan XL Axiata dan Smartfren Lahirkan XLSMART, Siap Koneksikan Nusantara
Gabungan XL Axiata dan Smartfren lahirkan XLSMART, siap koneksikan nusantara. (Foto: Ist.)

Citrust.id –  XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (IDX: EXCL) resmi berdiri sebagai perusahaan telekomunikasi terpadu baru, hasil penggabungan dari PT XL Axiata Tbk, PT Smartfren Telecom Tbk, dan PT Smart Telecom.

Peluncuran itu menjadi tonggak penting dalam transformasi digital Indonesia, dengan komitmen menghadirkan konektivitas yang inklusif dan berkelanjutan di seluruh penjuru negeri.

“Pembentukan XLSMART adalah langkah penting dalam mewujudkan tujuan kami: menghubungkan setiap orang Indonesia untuk kehidupan yang lebih baik,” ujar Presiden Direktur dan CEO XLSMART, Rajeev Sethi, Kamis (18/4/2025).

Rajeev menjelaskan, penggabungan itu menyatukan kekuatan saling melengkapi dari XL Axiata dan Smartfren dalam satu visi dan kepemimpinan. XLSMART akan tetap mengoperasikan merek ternama seperti XL, AXIS, dan Smartfren untuk pelanggan mobile dan home broadband, serta menghadirkan layanan terintegrasi bagi segmen UMKM dan korporasi melalui XLSMART for Business.

“Dengan lebih dari 94,5 juta pelanggan, setiap koneksi sangat berarti. Kami berkomitmen untuk menyediakan layanan yang andal, inklusif, dan transformatif,” kata Rajeev.

Struktur Direksi dan Dewan Komisaris yang baru juga telah diresmikan, mencerminkan sinergi kepemimpinan dari dua organisasi pendahulunya. Susunan itu disebut Rajeev sebagai bukti komitmen XLSMART dalam menjaga tata kelola yang seimbang dan inovasi jangka panjang yang berpihak pada pelanggan.

“Ini bukan sekadar penggabungan perusahaan. Ini adalah lompatan besar bagi ekosistem digital Indonesia. Dengan identitas baru ini, kami siap memberdayakan masyarakat, pelaku usaha, dan institusi di seluruh pelosok negeri,” katanya.

Menguasai pangsa pasar sekitar 25 persen dan proyeksi pendapatan proforma mencapai Rp45,8 triliun, XLSMART menargetkan menjadi perusahaan telekomunikasi paling dicintai di Indonesia pada 2027.

“Fokus kami sangat jelas, pelanggan. Kami ingin menjadi perusahaan yang lebih mendengarkan, lebih gesit, dan lebih cerdas dalam memberikan pengalaman digital bermakna, baik di kota besar maupun pelosok,” jelasnya.

BACA JUGA:  Diduga Rem Blong, Truk Hantam Rumah Warga

Sebagai bagian dari transformasi itu, XLSMART juga meluncurkan identitas korporat baru dengan logogram bertajuk “Infinity World” yang melambangkan konektivitas tanpa batas dan peluang tak berujung. Tagline “Bersama, Melaju Tanpa Batas” dipilih sebagai ajakan kolaboratif untuk pelanggan, mitra, dan masyarakat luas.

“Identitas baru ini tidak hanya mencerminkan siapa kami, tetapi juga apa yang ingin kami bangun, Indonesia yang berkembang dan unggul di era digital. Bersama pelanggan, karyawan, dan mitra, kami memimpin percepatan menuju bangsa yang lebih smart dan lebih terkoneksi,” ucap Rajeev Sethi.

Masyarakat dapat mengikuti perkembangan terbaru seputar produk, layanan, dan inisiatif perusahaan melalui situs resmi [www.xlsmart.co.id] dan akun media sosial X @xlsmart_id. (Haris)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *