Peserta JKN-KIS Apresiasi Layanan Kantor BPJS Kesehatan Selama Masa Pandemi

Citrust.id – Merebaknya Covid-19 membuat setiap orang harus melakukan physical distancing dalam menjalankan aktivitasnya. Physical distancing dilakukan tentunya guna mencegah penyebaran Covid-19 yang semakin berkelanjutan. Physical distancing juga dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Cirebon. Sejak bulan Maret, BPJS Kesehatan Cabang Cirebon memberlakukan layanan khusus bagi peserta JKN-KIS yang memerlukan pelayanan administrasi kepesertaan.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Yogi Agra Wiryawan menjelaskan bahwa bagi Peserta JKN-KIS yang membutuhkan layanan administrasi kepesertaan, dapat mengakses fitur di aplikasi Mobile JKN ataupun layanan Care Center 1500400. Selain itu tersedia juga layanan Chika dan Vika yang dapat membantu peserta dalam memperoleh informasi seputar Program JKN-KIS.

Masih menurut Yogi, adanya fitur terbaru dari Aplikasi Mobile JKN yaitu fitur konsultasi dokter secara daring juga diharapkan dapat membantu peserta dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dalam memberikan serta memperoleh layanan. Peserta JKN-KIS dapat melakukan kontak serta konsultasi dengan Dokter di FKTP apakah Peserta JKN-KIS tersebut perlu melakukan kunjungan ke FKTP atau tidak.

“Semua layanan tersebut tentunya diberikan tanpa mengurangi mutu layanan yang diperoleh Peserta JKN-KIS. Dengan begitu, masyarakat dapat tetap mengurus administrasi kepesertaan Program JKN-KIS tanpa harus meninggalkan rumah,” ujar Yogi.

Dengan adanya berbagai penyesuaian layanan tersebut, hanya beberapa pelayanan yang membutuhkan penyelesaian segera saja yang dapat dilayani di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Cirebon. Layanan yang dilakukan di kantor BPJS Kesehatan tersebut tentunya juga mengikuti protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

Salah seorang peserta yang memperoleh layanan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Cirebon ialah Syarifin. Syarifin merupakan Peserta JKN-KIS segmen peserta Penerima Bantuan Iuran. Ia berasal dari daerah Kabupaten Cirebon.
“Bapak masuk ke dalam tadi, tapi di minta cek suhu tubuh dulu dan cuci tangan sama satpam. Dari awal datang, Bapak di minta antre di garis kuning yang ada di depan gerbang, karena Bapak mau daftarkan cucu Bapak yang baru saja lahir.” jelas Syarifin, Senin (20/04).

BACA JUGA:  Pendaftaran Calon Anggota Polri Mulai Dilaksanakan

Selama memperoleh layanan, Syarifin mengapresiasi protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang diterapkan dilingkungan BPJS Kesehatan Cabang Cirebon. Ia meyakini bahwa hal yang dilakukan tersebut dimaksudkan guna menciptakan area layanan yang aman bagi peserta yang memperoleh layanan di kantor BPJS Kesehatan Cirebon.

“Di area pelayanan Bapak di minta duduk di kursi yang jaraknya berjauhan. Tahu sih Bapak tujuannya, mencegah supaya tidak terpapar Virus Corona saat mengurus JKN-KIS. Bapak mau ucapkan terima kasih buat BPJS Kesehatan karena sudah memberikan layanan di tengah penyebaran Virus Corona.” ungkap Syarifin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *