oleh

8 Gunung Favorit Para Pendaki Di Indonesia

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Mendaki gunung memang memberikan kepuasan tersendiri. Oleh sebagian orang yang memiliki cukup adrenaline, dianggap sebagai tempat yang paling pas untuk melepas kepenatan dari kesibukan setiap hari khususnya di kota. Berkaitan dengan itu, ada beberapa gunung di Indonesia yang menjadi favorit para pendaki. Seperti:

1. Gunung Gede-Pangrango, Jawa Barat
Gunung Gede merupakan Gunung yang terletak pada 3 Kabupaten yaitu Bogor, Sukabumi, dan Cianjur. Gunung ini masuk kedalam Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang masih terkenal dengan legenda Prabu Siliwangi.Gunung ini memiliki tinggi 2958 mdpl.Gunung ini cukup mudah didaki oleh pemula karena mempunyai jalur yang sudah di beton dan dibuat tangga/berundak-undak.Tetapi gunung tetaplah gunung,banyak terdapat pengunjung yang meninggal/hilang di gunung ini.

2. Gunung Papandayan, Jawa Barat
Gunung Papandayan terletak pada Kabupaten Garut di Kecamatan Cisurupan. Konon, gunung ini sangat ramah untuk pendaki pemula,hanya perlu waktu 2,5 jam untuk sampai ke puncak gunung ini.Gunung ini mempunyai ketinggian 2665 mdpl. Di gunung ini terdapat Bunga Edelweiss yang bermekaran di Tegal Alun dan terdapat pohon terbakar pada areal Pohon Mati.Dari puncaknya,Anda bisa melihat benteng dari Kabupaten Garut,yaitu Gunung Cikuray,Gunung Guntur, dan Gunung Papandayan.Gunung ini sangat rawan kebakaran oleh karena itu dilarang membuat api yang tidak diperlukan.

3. Gunung Ceremai, Jawa Barat
Gunung berapi kerucut yang secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat dengan ketinggian 3.078 m di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat.

Gunung ini memiliki kawah ganda. Kawah barat yang beradius 400 m terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 m. Pada ketinggian sekitar 2.900 m dpl di lereng selatan terdapat bekas titik letusan yang dinamakan Gowa Walet. Kini Gunung Ceremai termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), yang memiliki luas total sekitar 15.000 hektare.

BACA JUGA:   Melihat Tradisi Gotong Royong Unik Warga Cicenang

4. Gunung Merbabu, Jawa Tengah
Gunung Merbabu mempunyai tinggi 3.145 mdpl yang berada pada Kabupaten Magelang, Salatiga dan Boyolali. Gunung ini sangat terkenal dengan padang sabana yang sangat luas dan indah.Jalur yang paling terkenal adalah jalur Selo dari Salatiga,jalur ini mempunyai sabana yang luas dan indah dengan background berlatar Gunung Merapi.Gunung ini sedang ramai-ramainya digandrungi oleh anak muda yang banyak sekali melanggar aturan,terdapat banyak vandalism, sampah, dan mendaki tanpa izin.

5. Gunung Prau, Jawa Tengah
Gunung Prau terletak pada Dataran Tinggi Dieng dengan ketinggian 2565 mdpl.Untuk mencapai puncak,Anda memerlukan waktu 2,5 jam dari basecamp.Jalur pendakian yang paling dominan dipakai adalah melalui Patak Banteng yang mempunyai tanjakan cukup terjal. Di puncaknya anda dapat melihat Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi dan Merbabu, bahkan Gunung Lawu pun dapat terlihat dari sini,oleh karena itu Pemandangan ini digunakan sebagai Logo atau Simbol pada produk air mineral.

6. Gunung Semeru, Jawa Timur
Gunung ini tiba-tiba ramai pengunjung karena film 5cm yang menunjukan keindahan Ranu Kumbolo.Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa mencapai 3676 mdpl. Gunung ini terletak di Taman Nasional Bromo,Tengger,Semeru.Gunung ini mempunyai 3 ranu / danau yang sangat indah yaitu Ranu Pani,Ranu Regulo, dan Ranu Kumbolo.Gunung ini sangat disakralkan oleh masyarakat sekitar oleh karena itu terdapat pantangan-pantangan bagi para pendaki.Gunung ini terkenal sangat ekstrim sehingga tak sedikit orang yang gugur dalam perjalanan menuju puncak para dewa yaitu Mahameru.

7. Gunung Merapi, Jawa Tengah
Gunung Merapi mempunyai ketinggian 2968 mdpl dan masuk dalam lingkup Taman Nasional Gunung Merapi dan terletak pada kawasan Magelang, Yogyakarta, Boyolali, dan Klaten. Gunung ini termasuk salah satu gunung teraktif di dunia. Oleh karena itu, pengecekan berskala sangat penting dilakukan karena banyaknya penduduk yang tinggal di sekitar lereng Gunung Merapi hingga radius 4km sebelum puncak.Gunung ini memiliki mitos yang sangat kuat dengan Keraton Yogyakarta sehingga para pendaki diharuskan menjaga sikap ketika mendaki gunung ini.

BACA JUGA:   Pemkab Majalengka Kembali Raih WTP

8. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat
Gunung Rinjani memiliki tinggi 3726 mdpl sehingga dinobatkan Gunung Berapi Tertinggi ke dua di Indonesia.Gunung ini masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Rinjani memunyai padang savana luas dan memunyai danau di tengah-tengah kaldera yaitu Danau Segara Anak dengan Gunung Barujari ditengahnya. (Net/CT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed