oleh

Balai Wilayah V Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Desak Sekolah Sediakan Genset

Cirebontrust.com – Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat tidak ingin agenda Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA dan MA terganggu. Balai Wilayah V Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat mengingatkan agar sekolah yang ada di Wilayah Balai V, Kabupaten Majalengka, Indramayu, Cirebon dan Kota Cirebon untuk menyediakan Genset guna mengantisipasi kemungkinan mati lampu saat UNBK berlangsung.

Kepala Balai Wilayah V Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dewi Nurhulaela mengatakan, meskipun Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat sudah teken MOU dengan PLN Pusat, namun semua sekolah diharuskan untuk menyediakan Genset. Menurutnya, jika sekolah tersebut tidak memiliki, maka pihak sekolah harus berinisiatif untuk menyewa genset.

“Ini kan harus ada antisipasi, jadi kalau tidak punya bisa sewa. Digunakan atau tidak digunakan, sebaiknya ada untuk antisipasi mati lampu meskipun sudah MoU. Tapi kalau kondisi alam misalnya hujan petir demi keamanan bisa saja dimatikan listriknya,” ujar Dewi saat dikonfirmasi, Senin (10/04).

Dewi menambahkan, saat ini semua SMA dan MA di Wilayah V ini sudah menyiapkan baterai cadangan baik untuk laptop maupun komputer. Hal itu dilakukan karena berkaca pada pengalaman mati lampu saat UNBK digelar di SMK Lemahabang dan SMK di Majalengka.

“Jadi nanti ada baterai cadangan bisa digunakan sebelum Genset difungsikan. Kejadian kemarin di SMK Lemahabang mati lampu sekitar 15 menit, sedangkan yang di perbatasan Ciamis-Majalengka hampir 2 jam. Ini untuk antisipasi juga,” katanya.

Balai Wilayah V Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat pada hari ini melajukan monitoring di beberapa sekolah SMA dan MA di Kabupaten Cirebon yang melaksanakan UNBK. Diantara sekolah yang monitoring yakni SMAN 1 Plumbon, SMAN 1 Arjawinangun dan SMAN 1 Susukan. Jumlah sekolah tingkat SMA yang melaksanakan UNBK di wilayah V ini mencapai 138 sekolah dengan peserta 19.912. Sedangkan untuk tingkat MA ada 5 MA yang menyelenggarakan UNBK dengan jumlah 1477 siswa.

BACA JUGA:   Gejala Baru Covid-19, Hilang Fungsi Indra Penciuman dan Perasa

“Ada yang masih UNKP 112 MA dengan siswa sebanyak 6618,” imbuhnya. (Iskandar)

Komentar

News Feed