Waspada penipuan jangan mudah terpedaya.
Jika kamu menerima informasi melalui telepon, chat, grup, atau link lainnya dari sumber tidak terpercaya yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan, mohon abaikan atau segera lapor melalui kanal resmi pengaduan BPJS Kesehatan sebagai berikut:
1.BPJS Kesehatan Care Center 165
Hubungi BPJS Kesehatan Care Center di nomor 165
2. Mobile JKN
Pilih menu Pengaduan Layanan JKN
3. PANDAWA
Chat ke nomor PANDAWA 08118165165. PANDAWA dapat diakses 24 jam.
Kiat aman terhindar dari penipuan
a. Jangan pernah memberikan data pribadi anda kepada siapapun, termasuk orang terdekat kamu.
b. Abaikan aau laporkan melalui kanal resmi pengaduan BPJS Kesehatan apabila menerima telepon atau chat dari pihak yang mengaku sebagai pegawai BPJS Kesehatan, namun menanyakan data pribadi atau meminta sejumah uang.
c. Jangan pernah mengeklik informasi atau link yang tidak dikenal sumbernya, baik melalui chat, sms, atau email.
d. Hati-hati saat menggunakan sosial media, jangan sembarangan menyebarkan informasi, seperti tanggal lahir, nama gadis ibu kandung, nomor NIK, foto KTP, dll.
e. Mulai peduli terhadap identitas kepesertaan JKN agar tidak dimanfaatkan dan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
Sumber: BPJS Kesehatan