oleh

Urusan Industri Dirgantara, Indonesia Sangat Unggul se-ASEAN

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Siapa sangka, dengan segala carut-marutnya, Indonesia masih memiliki sisi lain yang bisa dibanggakan. Menurut pakar penerbangan, Ilham Akbar Habibie, selaku putra sulung mantan Presiden BJ Habibie, Indonesia relatif masih lebih unggul untuk perkembangan industri dirgantara, khususnya diantara negara-negara Asia Tenggara (ASEAN).

Sebab walaupun ada beberapa negara di ASEAN yang mampu memproduksi, keunggulan Indonesia selain bisa membuat ialah ada pasar domestiknya. Di ASEAN ada beberapa negara yang mampu memproduksi, namun parsial beberapa komponen pesawat saja. Sedangkan untuk Indonesia, sudah lama bisa memproduksi pesawat utuh. Selain itu bila negara ASEAN mau memproduksi juga mereka tidak ada pasarnya.

Menurutnya, Indonesia beruntung dengan luasnya Nusantara dan cakupan demografi yang tersebar di berbagai wilayah. Tidak mungkin dengan 17 ribu pulau di Indonesia, semua bisa disambungkan dengan transportasi darat, sedangkan transportasi laut membutuhkan waktu perjalanan yang masih cukup lama. Sehingga memberi peluang pasar transportasi udara dalam negeri. (Net/CT)

BACA JUGA:   Purnabakti Diharapkan Tetap Berkontrisbusi bagi Kota Cirebon

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed