oleh

Atasi Jet Lag Saat Liburan dengan Cara Ini

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Suasana liburan masih terasa dan jalan-jalan masih ramai didominasi oleh mobil pribadi. Banyak tempat wisata dalam negeri yang bisa dinikmati. Namun, bagi yang punya waktu dan uang lebih, bisa memilih liburan keluar negeri.

Hanya saja, saat memilih luar negeri, khususnya negara jauh yang punya pengaturan waktu sangat berbeda, Anda harus berhati-hati dengan jet lag. Beberapa pelancong yang sudah biasa keluar negeri mungkin bisa dengan mudah mengatasi hal ini. Namun bagi yang belum biasa, ini bisa jadi masalah besar.

Ada beberapa cara yang dianggap ampuh untuk mengatasi hal masalah perbedaan waktu tubuh saat liburan di negara lain.

1. Banyak Minum Air
Terbang bisa membuat tubuh Anda dehidrasi. Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah kunci untuk membuat tubuh dan perasaan terasa segar dan bersemangat. Minum air juga akan menghindarkan Anda dari kelelahan serta sakit kepala.

Minuman lainnya seperti kopi dan alkohol akan membantu menghidrasi Anda, tapi ini akan membuat jet lag Anda jadi lebih parah.

2. Langsung Tidur
Sangat penting untuk membiarkan tubuh Anda beristirahat ketika dibutuhkan. Yang paling disarankan adalah langsung tidur ketika Anda sampai di tempat tujuan. Hanya saja, jangan tidur terlalu lama. Tidurlah setidaknya selama dua jam.

3. Andalkan Sinar Matahari
Sinar matahari adalah cara terbaik untuk mengubah irama sirkadian tubuh. Sinar matahari akan membantu menyesuaikan waktu tubuh. Ingat juga untuk memastikan tidur dalam kondisi ruangan yang gelap. Sebagai opsi lainnya, Anda bisa menggunakan eye mask dan ear plug untuk menghindari cahaya matahari masuk ke mata.

4. Jangan Lupa Makan
Makan akan membantu Anda untuk mengembalikan fungsi tubuh dan juga “kesadaran” irama sirkadian tubuh Anda. (Net/CT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed