oleh

TKI Terbanyak ke-4 Nasional, Pemkab Cirebon Dinilai Gagal Ciptakan Lapangan Pekerjaan

Ilustrasi

Cirebontrust.com – Pusat Penelitian, Pengembangan dan Informasi (Puslitfo) BNP2TKI merilis jumlah penempatan tenaga kerja luar negeri Indonesia (TKI)  terbanyak. Dari 25 Kabupaten/ Kota se-Indonesia, Kabupaten Cirebon pada 2016 ini menempati posisi ke-4 terbanyak yang mengirimkan tenaga kerjanya.

Seperti yang bisa dilihat di website resmi milik BNP2TKI, 5 besar Kabupaten/ Kota yang memasok buruh migran tahun 2016 adalah Lombok Timur sebanyak 18.139 orang, Indramayu sebanyak 15.128 orang, Lombok Tengah 10.135 orang, Cirebon 9.144 orang, dan Cilacap 8.488 orang.

Hal tersebut mendapat kritikan tajam dari anggota Aliansi Cirebon Bersih (ACB), Ajib Muhammad Rizki. Dirinya menyatakan, masuknya Kabupaten Cirebon sebagai ke-empat terbesar di Indonesia yang memasok Buruh Migran, dikarenakan kurangnya lapangan pekerjaan di Kabupaten Cirebon.

“Selain itu, banyak aspek tumbuhnya Buruh Migran di Kabupaten Cirebon, salah satunya adalah rendahnya serapan jenjang pendidikan di daerah tersebut,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, kondisi tersebut menjadi bukti kurang maksimalnya kinerja pemerintah Kabupaten Cirebon dalam pengembangan perekonomian, yang berbasiskan pada penyerapan tenaga kerja di daerah. (Sep)

BACA JUGA:   Atap Rumah Warga Bandorasa Terbakar Disambar Petir

Komentar

News Feed