oleh

Tekan Angka Pengangguran, Pemda Kota Cirebon Gandeng Swasta

Citrust.id – Pemerintah Daerah Kota Cirebon melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) bersama CSB Mall menggelar bursa lowongan kerja (job fair) Lets Work For Better Future, Selasa (26/3/2019), di Atrium CSB Mall.

Usai membuka acara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Asep Dedi, mengutarakan, bursa lowongan kerja tersebut merupakan salah satu upaya Pemda Kota Cirebon untuk menekan angka pengangguran.

“Job fair ini mempertemukan perusahaan penyedia kerja dan dengan masyarakat pencari kerja. Melalui pertemuan langsung itu diharapkan pencari kerja bisa mendapatkan informasi seluas-luasnya mengenai ketersediaan lapangan pekerjaan,” ujar Sekda.

Kepala Disnaker Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya, mengungkapkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) akhir 2018, angka pengangguran di Kota Cirebon mengalami penurunan.

Dari sebelumnya sebesar 9,6 persen, angka pengangguran di Kota Cirebon turun jadi 9,06 persen atau sekitar 10-11 ribu dari 150 ribu angkatan kerja.

“Kami targetkan angka pengangguran turun jadi 8 persen hingga 2023,” terangnya.

Dikatakan Agus, upaya untuk menekan angka pengangguran antara lain dengan mobile training unit dan pelatihan berbasis kompetensi.

Saat ini, pelatihan tersebut tersisa 45 paket dengan jumlah pendaftar 500 orang, baik online maupun offline.

“Ada 11 bidang pelatihan yang kami adakan, mulai dari IT, perhotelan, perbengkelan dan lain-lain. Semuanya gratis,” ucap Agus.

Sementara itu, General Manager CSB Mall, Gunadi Iksan, mengungkapkan, selain sebagai destinasi belanja, CSB Mall sudah menjadi destinasi event atau kegiatan.

Event yang berbeda digelar tiap minggunya di CSB Mall. Salah satunya adalah job fair atau bursa lowongan kerja. Job fair tersebut digelar selama dua hari, yakni 26-27 Maret. Tidak kurang dari 30 perusahaan penyedia kerja terlibat dalam kegiatan tersebut.

BACA JUGA:   Kenaikan Harga Jagung Tak Diimbangi Jumlah Produksi

Dikatakan Gunadi, tepat jika job fair digelar di mall. Apalagi di CSB Mall yang memberikan pengaruh besar. Jika job fair diadakan di GOR, interaksi antara perusahaan penyedia kerja dengan pencari kerja masih kurang.

“Job fair ini juga merupakan salah satu andil CSB Mall dalam membangun Kota Cirebon,” ujar Gunadi. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed