oleh

Sekda Jabar: Cirebon Metropolitan, Masyarakat Jangan Jadi Penonton!

Cirebontrust.com – Konsep Cirebon Metropolitan atau Cirebon Raya telah masuk dalam rencana tata ruang dan tata wilayah Jawa Barat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat, Iwa Karniwa, menjelaskan, untuk mewujudkan Cirebon Metropolitan salah satunya didukung dengan pembangunan infrastruktur.

Sebagai Sekda Jabar dirinya akan terus mendorong pembangunan infrastruktur. Berdasarkan hasil riset, infrastruktur yang baik akan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Dampak beroperasinya infrastruktur Tol Cipali dan Tol Cisumdawu serta Bandara Kertajati harus bisa diantisipasi masyarakat Cirebon dan sekitarnya. Ketiganya akan memberikan efek kapitalisasi ekonomi yang luar biasa bagi wilayah Ciayumajakuning.

“Saya berharap masyarakat Cirebon dan sekitarnya jangan Cuma jadi penonton atas pembangunan ekonomi tersebut,” ujarnya, Kamis (26/10).

Oleh karena itu, kata Iwa, masyarakat hendaknya meningkatkan pengetahuan, seperti menguasai bahasa Inggris dan komputer, membangun network membangun organisasi pembelajaran inovasi dan entrepreneur serta meningkatkan ketaqwaan sesuai agama dan kepercayaan.

Iwa menilai Kota Cirebon memiliki modal untuk menjadi kota metropolitan Salah satunya adalah Cirebon sebagai kota yang menjual jasa. Pusat industri bisa di Majalengka maupun Kuningan. Tapi lokasi kantor maupun orangnya menginap di Kota Cirebon. Apalagi saat ini telah banyak hotel yang berdiri di Kota Cirebon.

Iwa menambahkan, Cirebon Metropolitan merupakan kesempatan yang sangat baik bagi Kota Cirebon untuk meningkatkan potensi khas daerah, seperti kuliner, batik, cendera mata dan aksesoris serta wisata religi.

“Ketika menjadi kota metropolitan, masyarakat Kota Cirebon diharapkan menjadi pelaku utama ekonomi,” pungkasnya. (Haris)

BACA JUGA:   Ini Penjelasan Kuasa Hukum INA terkait Penembakan di Ruko Sakura

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed