oleh

Sejumlah Daerah Diterjang Angin Kencang, Ini Alasannya Menurut BMKG

Majalengkatrust.com – Sepanjang Pulau Jawa bagian Selatan dan Utara termasuk Wilayah III Cirebon Kota dan Kabupaten, Kuningan, Indramayu dan Majalengka, kembali dilanda angin kencang akibat Badai Tropis Sonca, yang melanda wilayah utara Indonesia, tepatnya di perairan Timur Laut Vietnam.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jatiwangi Kabupaten Majalengka, Tri Agus Pranomo melalui bagian Forecaster BMKG Jatiwangi, Ahmad Faa Iziyn kepada Majalengkatrust.com, Selasa (25/07).

Faiz sapaan akrabnya mengungkapkan bahwa angin kencang yang melanda wilayah tersebut, setidaknya akan berlangsung selama tiga hari ke depan.

“Di Vietnam sana karena dekat badai Sonca bisa terjadi hujan lebat berhari-hari disertai angin kencang, tapi karena badainya jauh di Vietnam, maka dampak di Indonesia hanya angin lebih kencang saja,” jelas dia.

Dia menjelaskan, Badai Tropis Sonca ini mempuyai tekanan udara yang sangat rendah, sehingga menarik massa udara/angin yang berada di wilayah Indonesia khususnya wilayah Jawa bagian Utara dan Tengah.

Di Indonesia sendiri, kata Faiz, jarang bahkan tidak pernah menyerang Indonesia apalagi Majalengka, karena Indonesia berada di Equator 0 derajat, gaya corioli.

“Yang seperti saat ini terjadi itu, karena cuma terkena dampaknya saja dari jauh, berupa anginnya lebih kencang di wilayah kita, karena angin tertarik menuju daerah yang bertekanan lebih rendah (di Badai itu, red). Apabila badai tropis udah gak ada, maka angin kembali normal,” pungkas dia. (Abduh)

Komentar

News Feed