oleh

Sanggar Cipta Bagus Winangun Bawakan Sintren Tekno di PSR Jamblang

Citrust.id – Sanggar Cipta Bagus Winangun akan menghadirkan sintren bernuansa musik tekno di Pasar Seni Rakyat Pengurus Cabang Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (PC Lesbumi) Kabupaten Cirebon.

Pasar Seni Rakyat PC Lesbumi Kabupatan Cirebon akan berlangsung pada Sabtu-Minggu, 27-28 Agustus 2022, di Kecamatan Jamblang. Sanggar Cipta Bagus Winangun menjadi salah satu dari lima sanggar yang berkesempatan tampil dan memeriahkan Pasar Seni Rakyat tersebut.

Perwakilan Sanggar Cipta Bagus Winangun, Tesar Ibrahim mengatakan, pihaknya akan menyuguhkan seni tradisi sintren. Merek akane mengemasnya lebih apik dengan nuansa musik tekno, kolaborasi alat musik tradisional dan modern.

“Kami tetap menggunakan gamelan lengkap sebagai musik pengiring sintren. Ada sentuhan lain yang mungkin masih jarang orang dengar. Semoga akan menjadi pertunjukan yang lebih menarik,” ujar Tesar Ibrahim di Pendopo Masjid Keramat Kebagusan, Desa Sitiwinangun, Selasa (9/8/2022).

Tesar juga mengatakan, konsep tersebut tidak menghilangkan nilai-nilai magis dan spiritual yang terkandung dalam sintren.

“Garapan dan kemasan saja yang berbeda. Ada lantunan selawat, kidung wajib ikhrom, sebelum menginjak ke kidung kembang suket dan turun-turun sintren,” lanjutnya.

Tesar berharap, kesenian Sintren akan tetap ada dan bisa diminati generasi muda.

“Pokoknya kalau ingin tahu seperti apa pertunjukan kami, jangan lupa datang dan ramaikan Pasar Seni Rakyat di Kecamatan Jamblang,” ajak Tesar Ibrahim. (Rls)

Komentar