oleh

Ratusan Relawan Bersihkan Kota Tua

Citrust.id – Kota Cirebon akan merevitalisasi bangunan-bangunan tua dengan melakukan pengecatan sehingga menjadi indah untuk mendukung pariwisata.

Beberapa bangunan bersejarah dan tua akan dicat terutama di kawasan Jalan Yos Sudarso, Jalan Benteng (Pelabuhan), Jalan Kantor (Kebumen) dan BAT.

Demikian diungkapkan Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH ketika mengikuti program Cirebon Baper dan Word clean Up Day Indonesia di Kawasan BAT, Sabtu (22/9).

Azis mengatakan pengecatan dilakukan agar kawasan tersebut menjadi bersih dan indah dipandang.

“Kawasan ini memiliki bangunan bernilai seni yang tinggi dan cantik. Jika dalam keadaan bersih, dapat dijual dan mendukung pariwisata sebagai program utama Pemkot Cirebon saat ini,” ungkap Azis.

Azis menambahkan gerakan bersih-bersih ini menandakan masyarakat Kota Cirebon mencintai kebersihan lingkungan. Kebersihan tentunya akan mendukung program pariwisata Kota Cirebon. Karena salah satu indikator kunjungan wisatawan adalah kebersihan.

“Kita harus tunjukan kepada dunia bahwa Kota Cirebon bersih dan aman untuk dikunjungi. Cirebon adalah kota ramah dan aman memiliki potensi budaya serta sejarah yang tinggi,” ujar Azis.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Drs. H. RM. Abdullah Syukur, M.Si mengatakan pihaknya menyelenggarakan aksi bersih-bersih bersama 158 negara lain di dunia. Kegiatan ini yang kedua kalinya dilaksanakan untuk mendukung program Cirebon bersih 2020.

“Pada penyeleggaraan pertama tahun 2018 lalu Kota Cirebon menjadi penyelenggara terbesar. Kali ini pun diikuti sekitar 700 peserta dari unsur Pemkot, TNI, Polri dan masyarakat atau relawan,”ujar Syukur.

Kegiatan World clean Up Day Indonesia, lanjut Syukur juga mendukung program Cirebon bersih, tertib dan hijau yang sudah dicanangkan Pemerintah Daerah Kota Cirebon. Kegiatan diikuti 158 negara secara serentak di dunia dengan melibatkan belasan juta penduduk dunia. Kegiatan juga dalam Rangka memperingati hari bersih sampah dan perdamaian dunia 2019.

BACA JUGA:   Pekan Raya Suzuki New Carry Meriahkan Kota Cirebon

“Saat ini kami memfokuskan bersih-bersih di kawasan Kota tua yakni Yos Sudarso, Benteng (Pelabuhan), Kantor (Kebumen) dan BAT. Harapan kami tentunya ini gerakan moral sehingga Kota Cirebon akan terjaga kebersihannya,” tandasnya. (Haris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed