oleh

Proyek Pembangunan Reservoir PAM Tirta Giri Nata Hampir Rampung

Citrust.id – Pembangunan reservoir atau penampungan air milik Perusahaan Air Minum (PAM) Tirta Giri Nata Kota Cirebon, diprediksi akan selesai pekan ini. Karena saat ini, pembangunan sudah mencapai 92 persen.

Pihak pelaksana, Eko Pribadi, menjelaskan, proses pembangunan sudah memasuki tahap pemasangan dinding dan atap reservoir.

“Sudah melakukan percepatan. Pengerjaan sampai malam, hingga pukul 23.00 WIB, selama cuaca tidak ekstrem,” kata Eko saat dikonfirmasi di lokasi proyek, Minggu (19/1) siang.

Eko juga menjelaskan, progres hingga saat ini sudah mencapai 92 persen. Karena semua bahan material kerangka sudah tersedia dan sudah dimasukkan ke area proyek.

“Pengerjaan terakhir kami adalah pemasangan atap. Ditambah material juga sudah masuk. Sedangkan pemasangan dan perekatan dinding reservoir, dua hari lagi sudah selesai,” ungkapnya.

Perihal bentuk reservoir yang menampung hingga 9.000 meter kibik, lanjut Eko, memiliki diameter 46,1 meter. Sedangkan tingginya mencapai 6 meter.

“Ketebalan dinding tangki berbeda-beda. Nomor satu dan dua dari bawah tebalnya 9 mm, nomor 3 dan 4 tebalnya 7 mm, sedangkan paling tinggi 6 mm. Ukuran ketebalan sudah diatur oleh pabrikan, kita hanya memasang. Karena pabrikan juga punya perhitungan sendiri,” ungkap Eko.

Terkait kendala, Eko mengakui, biasanya sore hingga malam cuaca hujan. Hal ini membuat sejumlah pemasangan panel tertunda.

“Ada panel yang tidak boleh terkontaminasi air, sehingga kita tidak ambil resiko. Meski demikian, ketika panel sudah terpasang, justru akan lebih kuat kalau terkena air,” jelasnya.

Setelah reservoir jadi, antara pihak kontraktor dengan PAM Tirta Giri Nata akan membangun kesepakatan terkait masa pemeliharaan.

“Kita akan kerjasamakan terkait pemeliharaan hingga 10 tahun atau tergantung kontraknya. Kita tetap berkewajiban untuk kontrol, selama tangki reservoir ini dioperasionalkan,” katanya. (Aming)

BACA JUGA:   Sintesis Pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD)

Komentar

News Feed