oleh

Program JKN-KIS Tanggung Biaya Pengobatan Keluarga Daeni

Citrust.id – Daeni, 60 tahun, warga Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu/merasa sangat terbantu dengan adanya/Program Jaminan Kesehatan/Nasional-Kartu Indonesia Sehat;(JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

Daeni merupakan Peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Saat ini, ia terdaftar di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Puskesmas Kertasemaya. Semenjak memiliki Kartu JKN-KIS, Daeni tidak merasa khawatir apabila ia dan keluarganya sakit.

“Saya dapat kartu ini sejak awal tahun 2019. Waktu itu didaftarin oleh anak saya di Kantor BPJS Kesehatan yang di Indramayu. Saya senangbpunya kartu ini,” ungkapnya, Kamis (26/12).

Daeni mengutarakan, November lalu dirinya diperiksa di RSUD Indramayu karena sakit kulit dan kaki. Di sana pelayanannya bagus. Dokter dan perawatnya juga baik.

Pada bulan yang sama, ia juga sempat mendapatkan pelayanan memperoleh kaca mata. Ia dan suaminya mendapatkan kaca mata dari Program JKN-KIS. Ia dan suaminya didiagnosa memerlukan alat bantu kacamata oleh Dokter di RSUD Indramayu.

“Sempat tidak percaya, ternyata JKN-KIS juga bisa buat ambil kaca mata. Suami saya juga dapat kaca mata,” ujarnya.

Daeni mensyukuri adanya Program JKN-KIS yang telah membantu menjamin ia dan keluarganya. Terlebih lagi, anaknya hampir setiap bulan diharuskan melakukan kontrol dikarenakan penyakit penurunan sistem kekebalan tubuh. Ia bersyukur karena kini ia tidak perlu khawatir akan biaya yang dikeluarkan apabila ia dan keluarganya sakit.

“Anak saya pernah dirawat lima hari di rumah sakit. Alhamdulillah tidak keluar biaya. Sekarang hampir tiap bulan anak saya kontrol di rumah sakit,” ungkapnya.

Daeni berharap, Program JKN-KIS dapat terus berlangsung dikarenakan sangat membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan, terutama yang kurang mampu.

“Saya cuma bisa mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan. Semoga program JKN-KIS dapat terus berjalan baik. Banyak sekali masyarakat yang bergantung dari program ini,” paparnya. (*)

BACA JUGA:   GMC Cirebon Kokoh di Peringkat Kedua

Komentar

News Feed