Citrust.id – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bantu Nurmin (72), warga Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, mendapat berbagai layanan kesehatan. Sejak tahun 2019, Nurmin terdaftar sebagai peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) kelas 3.
Ia cukup sering memanfaatkan Program JKN untuk memperoleh berbagai layanan kesehatan, terutama untuk mengobati keluhan dan penyakit yang sering ia rasakan, termasuk menjalani operasi katarak.
“Saya bersyukur ada Program JKN. Sudah lebih dari satu kali saya dirawat di rumah sakit. Selama itu pula, saya terbantu sekali dengan Program JKN ini. Program JKN menanggung seluruh biaya pelayanan kesehatan yang saya dapatkan,” ucap Nurmin, Jumat (30/12/2022).
Nurmin mengaku tidak pernah merasa mendapat perbedaan. Selain itu, dokter dan perawat yang memberikan layanan kepadanya sangat ramah dan cepat tanggap. Pelayanan yang ia dapatkan sudah sangat baik.
Meski demikian, Nurmin berharap kepada BPJS Kesehatan serta fasilitas kesehatan bisa terus meningkatkan kualitas layanan. Dengan demikian, semakin banyak masyarakat yang percaya bahwa pelayanan kepada pasien JKN memang bagus seperti yang Nurmin rasakan.
“Yang saya rasakan di semua fasilitas kesehatan yang saya datangi, layanannya sudah sangat baik. Kondisi ruangannya juga bersih dan nyaman. Memang sekarang zamannya sudah beda, fasilitas kesehatan harus berlomba-lomba memberikan layanan terbaik karena masyarakat sendiri yang menilai. Apalagi sekarang banyak masyarakat yang menggantungkan nasibnya pada Program JKN kala sakit,” tutur Nurmin.
Selain memberikan pesannya untuk BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan, Nurmin juga mengucapkan banyak terima kasih. Berkat Program JKN, ia tak perlu khawatir akan biaya layanan kesehatan selama ia rutin membayar iuran JKN setiap bulannya.
“Kalau berbanding dengan iuran yang sudah saya bayarkan, jelas lebih besar manfaat yang saya rasakan. Jadi, saya juga berharap, banyak orang mendukung program ini sesuai dengan kewajibannya masing-masing,” kata Nurmin. (Haris)