oleh

Pertama Kali, Keraton Kasepuhan Gelar Upacara Peringatan HUT RI

Cirebontrust.com – Untuk pertama kalinya pada momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia, Keraton Kasepuhan Cirebon menggelar upacara peringatan hari kemerdekaan.

Upacara dilaksanakan di dalam area keraton. Selain diikuti dari internal keraton, seperti para wargi, abdi dalem, kemantren, upacara peringatan hari kemerdekaan RI ke-72 tersebut juga diikuti dari berbagai tokoh dan kalangan masyarakat serta ormas.

Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadingrat, menjelaskan, dada tahun-tahun sebelumnya, Sultan Sepuh XIV menghadiri upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di balaikota, pendopo, gedung sate maupun istana merdeka dengan bupati, walikota, gubernur maupun presiden.

Upacara peringatan hari kemerdekaan RI ke-72 di Keraton Kasepuhan, kata Sultan, dalam rangka meningkatkan rasa cinta kepada tanah air. Sultan melihat di era pilkada seperti saat ini, banyak terjadi degradasi persatuan dan kesatuan di kalangan masyarakat. Tidak jarang juga adanya pengelompokan antar golongan.

“Oleh karena itu, melalui momentum peringatan HUT RI KE-72 ini, upacara hari kemerdekaan di Keraton Kasepuhan ini sebagai salah satu upaya menjaga persatuan dan kesatuan serta cinta tanah air,” katanya, Kamis (17/08).

Sultab Sepuh menambahkan, dengan ulang tahun ke-72 ini Indonesia sudah dewasa. Ia berharap NKRI betul-betul merdeka, baik merdeka dari kebodohan, kemiskina maupun merdeka dari kekurangan-kekurangan yang ada.

“Tantangan yang harus dihadapi Indonesia ke depan sangat berat. Dengan peringatan HUT RI ke-72 ini diharapkan persatuan dan kesatuan tetap terjaga sambil mendahulukan kepentingan negara,” pungkasnya. (Haris)

BACA JUGA:   VIU Ajak Siswa Buat Film Pendek Berkualitas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed