oleh

Pergantian Cuaca, Dinkes Kab. Cirebon Imbau Masyarakat Antisipasi Serangan Penyakit

Cirebontrust.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi berbagai jenis penyakit, menyusul cepatnya pergantian cuaca saat ini. Apalagi, umat muslim yang sedang menjalani ibadah puasa, cukup rentan mengalami gejala inspeksi saluran pernapasan akut (ISPA) di tengah situasi cepatnya pergantian cuaca.

Kepala Dinas Kesehatan Ahmad Qoyyim menuturkan, memasuki bulan puasa cuaca justru berganti menjadi lebih sejuk, padahal sebelum bulan puasa cuaca di Cirebon cukup panas. Di sisi lain, pergantian cuaca lebih sejuk ini memberikan keuntungan tersendiri bagi warga yang menjalankan ibadah puasa, sebab tidak akan terlalu berat menjalani ibadah puasa tersebut.

“Sekarang ini cepat sekali pergantian cuacanya, masyarakat harus hati-hati, terutama anak-anak dan manula terhadap kerentanan ISPA. Kalau ke luar rumah sebisa mungkin menggunakan masker, apalagi bagi warga yang aktivitasnya sangat tinggi,” kata Qoyyim, Jumat (02/06).

Tak hanya ISPA, penyakit lainnya yang mengintai di saat pergantian cuaca adalah penyakit kulit, batuk, serta flu berat.

“Berpuasa juga sejatinya adalah menyehatkan tubuh, dan sebenarnya bisa menghindari ragam penyakit tersebut. Asal, mulai sahur hingga puasanya memang ikuti proses yang benar,” ungkap Qoyyim.

Salah satu proses sahur yang benar, menurut Qoyyim, adalah dengan makan dan minum 10 menit jelang imsak.

“Pencernaan itu akan berproses mulai dari subuh hingga jam 8 pagi. Terbayang tidak kalau sahurnya jam 2 atau jam 3 dini hari? Proses pencernaan akan membuat siapapun yang sahurnya lebih awal, maka pada saat pukul 8 atau 9 pagi akan terasa lemas,” ujarnya.

Selain itu, anggapan berbuka dengan yang manis memang disarankan oleh dokter. Berbuka puasa seperti manyantap kurma atau segelas teh manis akan membuat tubuh terasa segara kembali setelah berjam-jam tidak makan dan minum.

BACA JUGA:   Menanti Sentuhan Kadis Baru Kelola Pariwisata Kota Cirebon

“Kurma dan teh manis itu memiliki zat glukosa, zat ini bisa membuat tubuh segar kembali setelah sebelumnya isi perut kosong. Maka, biasakanlah berbuka dengan yang manis,” imbuhnya. (Iskandar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed