oleh

Pencapaian UHC Program JKN-KIS BPJS Kesehatan di Kota Cirebon Jadi Motivasi bagi Pemda Lain

BPJS KesehatanCitrust.id – Cakupan Semesta Jaminan Kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC) Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) yang berhasil dicapai Kota Cirebon sebesar 99 persen mendapat apresiasi dari Deputi Direksi BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jawa Barat, Mohammad Edison.

Pada Deklarasi Bersama Penetapan Universal Health Coverage (UHC) yang digelar BPJS Kesehatan Cabang Cirebon bersama Pemerintah Daerah Kota Cirebon sekaligus Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 di Balai Kesehatan Paru Masyarakat (BKPM) Jabar, Edison mengungkapkan, upaya Pemerintah Daerah Kota Cirebon itu telah membuka jalan terlaksananya pelayanan kesehatan berskala nasional yang komprehensif.

“Terdaftarnya seluruh penduduk Kota Cirebon menjadi peserta JKN-KIS ini membawa kita selangkah lebih maju mencapai Universal Health Coverage yang diharapkan dapat terwujud pada 1 Januari 2019 mendatang,” ujarnya, Selasa (14/11).

Edison juga mengapresiasi langkah konsisten Pemerintah Daerah Kota Cirebon sebagai kota pertama di Jawa Barat yang telah mencapai UHC serta memberikan dukungan berkelanjutan terhadap implementasi program jaminan kesehatan di Indonesia.

Dikatakan Edison, keberhasilan pelaksanaan program jaminan kesehatan di Kota Cirebon sangat bergantung pada peran pemerintah daerah, khususnya dalam hal peningkatan kualitas dan layanan fasilitas kesehatan.

Selain itu, dibutuhkan pula dukungan pemerintah daerah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dan stakeholders lain terkait ketentuan yang berlaku dalam penyelenggaraan JKN-KIS.

Antara lain, ketentuan jumlah kepesertaan (by name by address) sesuai dengan perjanjian kerjasama, ketentuan masa berlaku kepesertaan, ketentuan jaminan pelayanan di fasilitas kesehatan baik di tingkat FKTP maupun di tingkat FKRTL serta ketentuan pembayaran iuran.

Sementara, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Dasrial, menerangkan, terhitung 1 November 2017, jumlah kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kota Cirebon sebesar 320.362 jiwa atau 99 persen dari jumlah penduduk Kota Cirebon yang sebanyak 324.794 jiwa.

BACA JUGA:   Sejumlah Wilayah di Majalengka Kekurangan Air Bersih

“Keikutsertaan Pemerintah Daerah Kota Cirebon dalam program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini dapat memberi motivasi bagi para pemerintah daerah lain yang belum bergabung,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Edy Sugiarto menyampaikan, tercapainya UHC di Kota Cirebon diharapkan dapat menjadikan penduduk Kota Cirebon sebagai pilar dalam menyukseskan Program Indonesia Sehat.

“Hal itu sebagai upaya mewujudkan masyarakat Indonesia yang berperilaku sehat, hidup dalam lingkungan sehat serta menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu serta berkeadilan untuk mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya,” pungkasnya. (Haris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed