oleh

Pemprov Jabar Bentuk Tim Khusus Percepatan Cirebon Metropolitan

CIREBON (CT) – Wacana Cirebon Metropolitan yang mencakup daerah Ciayumajakuning tidak akan terealisasi dalam waktu dekat ini. Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar mengatakan, untuk membentuk Cirebon Metropolitan diperlukan waktu 25 tahun. Hal itu dikatakan oleh Deddy Mizwar saat mengisi kegiatan di Kota Cirebon, um’at (04/03).

Wacana Cirebon Metropolitan menurutnya memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Saat ini, pihaknya sedang mempercepat pembentukan tim khusus agar wacana tersebut bisa direncanakan dengan sangat matang. Perencanaan.yang dimaksud, meliputi moda transportasi yang harus dikembangkan.

Dikatakan oleh Deddy, wacana Cirebon Metropolitan harus didukung semua sektor, termasuk sarana dan pra sarananya. Deddy mengatakan, Industri yang cukup banyak di Cirebon harus bisa menjadi pendukung wacana tersebut. Deddy juga menegaskan, saat ini pihaknya sedang membentuk tim dan badan khusus terkait pengembangan Cirebon Metropolitan.

” Kalau realisasi mungkin bisa sampai 25 tahun. Saat ini kita bentuk badan untuk pengembangan Cirebon Metropolitan. Sebab rencana harus segera dibuat. Moda transportasi harus diperhatikan dan dikembangkan, termasuk Pelabuhan dan kawasan Industri nya,” ujar Wakil Gubernur kepada CT.

Deddy menambahkan, wacana pengembangan Cirebon Metropolitan harus tetap menjaga nilai tradisi dan budaya di Cirebon. Diharapkan nanti, jika sudah direalisasi, sektor tersebut tidak dapat dihilangkan. “Kalau sudah terealisasi, budaya dan tradisinya harus dijaga, termasuk ketahanan pangan nya,” katanya.

Mengenai anggaran pengembangan Cirebon Metropolitan yang berkurang, Deddy mengatakan, anggaran saat ini terpecah dengan akan diselenggarakan PON pada Oktober nanti. ” Kalau anggaran menurun, itu terbagi pelaksaan PON,” imbuhnya. (Iskandar)

BACA JUGA:   Penumpang KA Diimbau Rapid Test di Stasiun pada H-1

Komentar

News Feed