oleh

KPU Tegaskan Coklit oleh Petugas PPDP Harus “Door to Door”

Citrust.id – Menanggapi ada dugaan atau isu coklit oleh petugas PPDP tidak dilakukan “door to door”, KPU kabupaten Majalengka pada kegiatan BIMTEK tahapan pemutakhiran daftar pemilih di setiap tingkatan baik PPK, PPS dan PPDP sudah disampaikan bahwa kegiatan COKLIT (pencocokan dan Penelitian) data Pemilih yang dilakukan adalah “door to door”.

Hal tersebut dikatakan Komisioner KPU Kabupaten Divisi Teknis Cecep Jamaksari, Rabu (24/01).

Cecep Jamaksari menambahkan, mulai tanggal 20 Januari 2018, sebanyak 2.192 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) akan mendatangi semua rumah warga untuk melakukan COKLIT, yaitu mencatat pemilih yang telah memenuhi syarat, tetapi belum terdaftar dalam daftar pemilih.

“Coklit juga memperbaiki data pemilih apabila terdapat kesalahan, mencoret pemilih yang telah meninggal dan mencoret pemilih yang telah pindah domisili ke daerah lain,” jelas Cecep.

Cecep menambahkan, petugas PPDP juga akan mencoret pemilih yang telah berubah status sipil menjadi status TNI atau POLRI. mencoret pemilih yang belum genap berumur 17 tahun dan belum kawin/menikah pada hari pemungutan suara, serta mencoret data pemilih yang dipastikan tidak ada keberadaannya, atau mencoret pemilih yang terganggu jiwa/ingatannya berdasarkan surat keterangan dokter.

“Coklit juga akan mencoret pemilih yang sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap, dan mencatat pemilih berkebutuhan khusus pada kolom jenis disabilitas serta mencoret pemilih yang berdasarkan identitas kependudukan, bukan merupakan penduduk pada daerah yang menyelenggarakan pemilihan,” jelas dia.

Dikatakan dia, ketika ditemukan ada PPDP tidak sesuai dengan SOP Coklit, dimohon untuk segera diingatkan, karena kegiatan coklit masih panjang hingga 18 Februari 2018.

“Kami juga berterima kasih atas perhatian dan saran dalam kegiatan Coklit di perum Gunungsari, semoga ini menjadi penyemangat dan motivasi bagi PPDP dalam menjalankan tugasnya dengan baik,” pungkas dia. /abduh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed