oleh

KPU Majalengka Sosialisasi Pilkada 2018 di Polres Majalengka

Majalengkatrust.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Majalengka melakukan sosialisasi Tahapan, Jadwal dan Program Pilkada Serentak Tahun 2018 dengan Seluruh Jajaran Polres Majalengka. Selasa (25/07) di Aula Mapolres Majalengka.

“Selain ke Polres kita juga akan melakukan sosialisasi ke Kodim dan Kejaksaan, kenap kita melakukan ini karena terkait pengamanan oleh TNI Polri dari mulai tahapan Pilkada hingga pasca Pilkada,” kata Ketua KPUD Majalengka Supriyatna.

“Sebetulnya, kinerja KPU itu bukan hanya administratif, Rohnya itu memanage konflik karena pemilu itu melibatkan kepentingan pasangan calon yang menjurus ke konflik horizontal, makanya kita sosialisasikan ke aparat keamanan,” tambah Supriyatna.

Upaya ini lanjut dia, merupakan deteksi sejak dini konflik Pilkada, supaya tidak meluas di setiap tahapan.

“Termasuk pembentukan PPK dan PPS, termasuk validasi data pemilih, sampai pencalonan misal tidak diloloskan oleh KPU sampai konflik kampanye, pas pencoblosan sampai pasca Pilkada juga berpotensi konflik, namun bobotnya saja berbeda,” ungkap Supriyatna.

Selain ke Polres Majalengka dan Kodim Majalengka, Pihaknya berencana melakukan sosialisasi ke Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan pemangku kepentingan lainnya.

“Ke Kejaksaan juga soal sengketa pemilu yang prosesnya harus cepat, karena tindak pidana pemilu itu ada masa kadaluarsanya,” jelas dia.

Sementara Kapolres Majalengka AKBP Mada Roostanto menyambut baik sosialisasi tahapan Pilkada yang dilakukan KPUD Majalengka.

“Kami akan semaksimal mungkin membantu pengamanan dari mulai tahapan sampai pasca Pilkada,” tegas dia. (Abduh)

BACA JUGA:   Peringati Hari Bakti PU ke-75, DPUPR Prioritaskan Peningkatan Layanan Dasar

Komentar

News Feed