oleh

Kirab Budaya Akan Meriahkan Hari Jadi ke-537 Kab. Cirebon

Citrust.id – Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon mengelar rapat persiapan memperingati hari jadi Kabupaten Cirebon ke-537 di aula dinas setempat, Senin (25/2/2019).

Kabid Pariwisata Disbudparpora, Nana Mulyana menyampaikan, perayaan hari jadi nanti akan dimeriahkan pergelaran kirab budaya pada 30 Maret. Tema yang diusung adalah “Budaya Cirebon Tan Ana Sirna” atau Budaya Cirebon Tidak Akan Pernah Punah.

“Lewat kirab ini kita lestarikan budaya Cirebon Sehingga anak cucu kita kelak bisa mengetahui,” ujarnya.

Start kirab budaya dimulai dari Kodim 0620 Gunung Jati, Jl. Sultan Agung, Jl. Malik Ibrahim, dan finish di depan Kantor Disbudparpora.

Nana memaparkan, eksistensi sejumlah budaya dan adat istiadat sudah mulai punah. Bahkan, orang dewasa pun tidak banyak yang mengetahui.

Dalam kirab tersebut, Disbudparpora meminta setiap kecamatan untuk menampilkan adat istiadat dan kearifan lokal masing-masing. Seperti di Kecamatan Plered ada budaya memayu buyut trusmi, tari baksa, dan lain-lain. Atraksi kebudayaan itu akan dilengkapi dengan nasari sebagai bahan edukasi.

“Banyak sekali seni budaya dan adat istiadat Kabupaten Cirebon yang bisa jadi nilai jual untuk pariwisata,” terangnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI dijadwalkan hadir memeriahkan hari jadi Kabupaten Cirebon. (Dhika)

BACA JUGA:   Didemo Wisudawan, Begini Tanggapan Rektor IAIN Syekh Nurjati

Komentar

News Feed