oleh

Khasiat Bunga Mawar untuk Kesehatan

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Selama ini, banyak orang masih beranggapan bahwa bunga mawar itu hanya sebagai lambang cinta. Kalaupun ada manfaatnya yang terkenal, yaitu sebagai pewarna makanan alami. Padahal, sebenarnyanya bunga yang pohonnya berduri itu memiliki khasiat kesehatan yang cukup banyak.

Mahkota bunga mawar mengandung antioksidan tinggi, vitamin C, antosianin dan zink. Selain itu, bunga mawar juga memiliki kandungan ion positif seperti asam tartat dan askorbat. Sedangkan pada putiknya, bunga mawar mengandung minyak astiri yang biasanya dibuat sebagai minyak wangi.

Cara memanfaatkannya adalah dengan mengekstraksi bunga tersebut. Ada berbagai cara mengekstrak bunga tersebut. Salah satunya adalah dengan cara maserasi, yaitu bunga tersebut dihancurkan lalu direndam dengan bahan pelarut.

Sebenarnya bukan hanya mawar yang memiliki khasiat kesehatan bagi manusia. Sejumlah bunga lainnya juga memiliki khasiat yang sama. Seperti bunga melati, peony, pansy dan marigold. Tapi, kadar pigmen yang ada pada bunga-bunga itu berbeda. (Net/CT)

BACA JUGA:   Keren, e-Warong Mapan Bersama Terbaik di Jabar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed